Sukses

Presiden Zelensky Kritik NATO: Semua Orang Mati karena Anda!

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada hari Jumat mengecam NATO sebagai "lemah" dan "kurang percaya diri" karena menolak untuk membangun zona larangan terbang di atas Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada hari Jumat mengecam NATO sebagai "lemah" dan "kurang percaya diri" karena menolak untuk membangun zona larangan terbang di atas Ukraina ketika negaranya bertempur dalam "invasi terburuk sejak Perang Dunia II."

Dalam sebuah video Facebook yang dibagikan dan diterjemahkan oleh Axios pada hari Jumat, Zelensky mengatakan Ukraina telah berjuang tanpa rasa takut melawan Rusia yang menyerang negara mereka – dan akan terus – tetapi telah dilemparkan ke dalam "sembilan hari kegelapan" tanpa bantuan dari NATO.

"Mengetahui bahwa serangan dan korban baru tidak dapat dihindari, NATO sengaja memutuskan untuk tidak menutup langit di atas Ukraina," kata Zelensky dalam pidato video sebagaimana dikutip dari the Hill, Sabtu (5/4/2022).

Presiden mendesak NATO untuk berpikir tentang "semua orang yang akan mati karena Anda."

"Karena kelemahan Anda, karena perpecahan Anda, semua aliansi telah berhasil dilakukan sejauh ini adalah membawa lima puluh ton bahan bakar diesel untuk Ukraina," katanya. "Apakah ini aliansi yang kamu bangun?"

Zona larangan terbang, yang diterapkan untuk melarang pesawat musuh terbang ke suatu wilayah dan menyerang, akan memotong dukungan udara Rusia dan menumpulkan kemajuan pasukan Rusia menuju Kyiv.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Zona Larangan Terbang Ditolak NATO

Pemerintahan Biden, bersama dengan aliansi keamanan NATO, sejauh ini menolak seruan Ukraina untuk membangun zona larangan terbang karena kekhawatiran bahwa hal itu dapat memicu konfrontasi militer langsung antara AS dan Rusia.

"Ini akan membutuhkan, pada dasarnya, militer AS menembak jatuh pesawat Rusia dan mendorong potensi perang langsung dengan Rusia, langkah tepat yang ingin kami hindari," kata sekretaris pers Jen Psaki kepada wartawan pada hari Kamis.

Dalam pidato videonya, Zelensky membantah fakta bahwa itu akan menghasilkan konfrontasi langsung antara negara-negara NATO dan Rusia, menyebutnya "self-hypnosis."

"Saya tidak tahu bagaimana Anda dapat melindungi dan apakah Anda dapat melindungi negara-negara NATO," kata Zelensky. "Anda tidak akan dapat membeli kami dengan liter bahan bakar untuk liter darah kami."

NATO dengan tegas menentang menyeret perang skala besar di Eropa.

Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg mengatakan "satu-satunya cara untuk menerapkan zona larangan terbang adalah dengan mengirim pesawat tempur NATO ke wilayah udara Ukraina, dan kemudian memberlakukan zona larangan terbang itu dengan menembak jatuh pesawat Rusia."

"Kami memahami keputusasaan, tetapi kami juga percaya bahwa jika kami melakukan itu, kami akan berakhir dengan sesuatu yang bisa berakhir dengan perang penuh di Eropa," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.