Sukses

Rangkuman Terkini Invasi Rusia ke Ukraina Hari Kesembilan 4 Maret 2022

Berikut ini rangkuman terkini peristiwa penting invasi Rusia ke Ukraina hari kesembilan, dikutip dari The Guardian, Jumat (4/2/2022):

Liputan6.com, Kiev - 4 Maret 2022 menjadi hari kesembilan invasi Rusia ke Ukraina. Meski sebelumnya sudah ada resolusi PBB yang menuntut Moskow menarik pasukan dan mengakhiri operasi militernya di sana, belum ada tanda-tanda akhir perang tersebut.

Presiden Rusia Vladimir Putin pun belum merespons langsung perihal adopsi resolusi PBB terkait Ukraina tersebut. Kendati demikian kedua belah pihak dilaporkan telah melakukan pertemuan kedua dan menyepakati beberapa hal meski belum ada kata damai.

Berikut ini rangkuman terkini peristiwa penting invasi Rusia ke Ukraina hari kesembilan, dikutip dari The Guardian, Jumat (4/2/2022):

  • Kebakaran terjadi di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) terbesar di Eropa yang terletak di Zaporizhzhya, Ukraina dan terbakar selama beberapa jam sebelum akhirnya padam. "Sebagai akibat dari serangan musuh yang terus menerus terhadap bangunan dan unit pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa, pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia terbakar,” kata Dmytro Orlov di saluran Telegramnya.
  • Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menuduh Rusia melakukan "teror nuklir", ketika PM Inggris Boris Johnson mengatakan pasukan Putin "sembrono". Tidak ada yang tewas dalam kobaran api, tetapi telah memicu keprihatinan mendalam atas nasib pembangkit nuklir Ukraina di tengah pertempuran yang memburuk.
  • Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga mengutuk Rusia karena menembaki PLTN Zaporizhzhya dan memicu kebakaran di sebuah gedung pelatihan di perimeter situs nuklir tersebut.
  • Pasukan Rusia mengendalikan gedung-gedung pemerintah lokal dan regional di pelabuhan Kherson di Laut Hitam yang penting secara strategis, kata pihak berwenang setempat. Pasukan Rusia tampaknya bergerak untuk memotong Ukraina dari laut melalui pelabuhan-pelabuhan utama di selatan, mengklaim menguasai Kherson dan memperketat pengepungan Mariupol.
  • Kekhawatiran meningkat atas pergerakan kolom besar kendaraan militer Rusia di luar Kiev. Sementara seorang pejabat pertahanan AS menyatakan bahwa itu tampaknya "berhenti", ada juga spekulasi bahwa sekitar 15.000 tentara yang bergabung mungkin berkumpul kembali dan menunggu pasokan logistik sebelum serangan di ibukota Ukraina.
  • Sedikitnya 33 warga sipil tewas dalam serangan udara Rusia di daerah pemukiman di kota utara Chernihiv pada Kamis, kata pihak berwenang Ukraina. Korban tewas di seluruh Ukraina terus meningkat.
  • Vladimir Putin telah memberi tahu Emmanuel Macron bahwa “penolakan Kiev untuk menerima persyaratan Rusia” berarti dia akan terus melanjutkan perangnya di Ukraina, kata Istana kepresidenan Élysée Prancis, menambahkan: "Kami memperkirakan yang terburuk belum datang."
  • Dalam pidato yang disiarkan televisi tak lama setelah panggilan 90 menitnya dengan Macron, Putin mengklaim operasi militer Rusia di Ukraina berjalan sesuai rencana. Presiden kemudian menuduh pasukan Ukraina menggunakan warga sipil sebagai "perisai manusia" tetapi tidak memberikan bukti.
  • Dalam pertemuan kedua, Ukraina dan Rusia sepakat untuk membuat koridor kemanusiaan untuk mengevakuasi warga sipil dalam pembicaraan putaran kedua pada Kamis sore, tetapi penasihat presiden Ukraina Mykhailo Podolyak mengatakan hasil pembicaraan tidak memenuhi harapan Ukraina. Pembicaraan putaran ketiga akan berlangsung pada awal minggu depan, kata kantor berita negara Belarus Belta mengutip Podolyak.
  • Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, telah menyerukan pembicaraan langsung dengan pemimpin Rusia, Vladimir Putin, dengan mengatakan itu adalah "satu-satunya cara untuk menghentikan perang ini". Berbicara pada konferensi pers, Zelenskiy meminta barat untuk meningkatkan bantuan militer ke Ukraina, memperingatkan bahwa seluruh Eropa akan berada di bawah ancaman jika Rusia diizinkan untuk maju.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sanksi dan Pemblokiran Situs

  • Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss, telah menjatuhkan sanksi kepada miliarder Rusia kelahiran Uzbekistan Alisher Usmanov, yang hubungan komersialnya dengan klub sepak bola Everton telah ditangguhkan; dan tentang mantan wakil perdana menteri Rusia Igor Shuvalov, kata Kementerian Luar Negeri.
  • BBC telah diblokir di dalam Rusia, menurut GlobalCheck, yang melacak sensor internet. Itu terjadi setelah UE memblokir situs media milik pemerintah Rusia, Sputnik dan RT.
  • Pentagon telah menjalin komunikasi dengan kementerian pertahanan Rusia “untuk tujuan mencegah salah perhitungan, insiden militer, dan eskalasi”, kata seorang pejabat pertahanan AS kepada AP. Bahwa garis "dekonflik" telah ditetapkan belum diumumkan secara resmi, tetapi beberapa organisasi berita mengkonfirmasi berita tersebut. Jalur ini dilaporkan didirikan pada 1 Maret.
  • Sebuah kapal kargo milik Estonia tenggelam di lepas pantai utama Odesa di Laut Hitam Ukraina, beberapa jam setelah sebuah kapal Bangladesh dihantam rudal atau bom di timur pelabuhan, menggarisbawahi meningkatnya bahaya bagi pelayaran niaga.
3 dari 3 halaman

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.