Sukses

NATO: Rusia Bersiap untuk Serangan Skala Penuh di Ukraina

NATO memperingatkan dunia bahwa Rusia tengah bersiap untuk serangan skala penuh di Ukraina.

Liputan6.com, Moskow - Kepala NATO Jens Stoltenberg mengatakan pada Selasa 22 Februari 2022 mengatakan bahwa pasukan Rusia terus mempersiapkan serangan potensial ke Ukraina, setelah Moskow mengakui dua wilayah separatis sebagai wilayah merdeka.

"Setiap indikasi adalah bahwa Rusia terus merencanakan serangan skala penuh ke Ukraina," kata Stoltenberg setelah pertemuan mendesak dengan utusan Ukraina seperti dikutip dari AFP, Rabu (23/2/2022).

"Kami melihat semakin banyak pasukan yang bergerak keluar dari kamp dan berada dalam formasi tempur dan siap menyerang."

Stoltenberg mengatakan "pasukan Rusia lebih lanjut" telah bergerak melintasi perbatasan Ukraina semalam ke wilayah yang didukung Kremlin.

"Apa yang kita lihat adalah invasi lebih lanjut ke negara yang sudah diinvasi," kata kepala NATO itu.

Moskow merebut semenanjung Krimea dari Ukraina pada 2014 dan telah memicu konflik separatis di wilayah timur selama delapan tahun yang telah menewaskan lebih dari 14.000 orang.

  

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Geliat Vladimir Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin 21 Februari berusaha untuk menulis ulang perbatasan tetangganya yang pro-Barat dengan mengakui daerah-daerah yang memisahkan diri sebagai negara merdeka.

Putin telah memperingatkan bahwa dia sekarang dapat mengirim pasukannya ke wilayah pemberontak tergantung pada bagaimana situasinya berkembang.

Pengakuan itu menuai kecaman dari Barat. Eropa dan AS siap untuk menjatuhkan sanksi terhadap Moskow.

Sekutu NATO yang dipelopori oleh AS telah mengirim ribuan pasukan tambahan untuk memperkuat sayap timur mereka saat ketegangan meningkat dengan Moskow.

Stoltenberg mengatakan NATO menempatkan pasukan responsnya pada kesiapan yang lebih tinggi beberapa minggu lalu dan memiliki 100 jet dalam siaga tinggi dan 120 kapal di laut.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan COVID-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.