Sukses

Kabar Kasus COVID-19 Dunia Hari Ini 17 Februari 2022

Tak hanya di Indonesia, penambahan kasus COVID-19 hari ini juga terjadi di berbagai belahan dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Penambahan kasus COVID-19 hari ini di Indonesia mencapai 63.956. Akumulasi kasus positif virus Corona di Tanah Air hingga Kamis (17/2/2022) menjadi 5.030.002.

Naik dan turunnya jumlah kasus COVID-19 hari ini juga terjadi di berbagai belahan dunia. Berikut ini informasinya:

Asia-Pasifik

  • Presiden China Xi Jinping mengatakan kepada para pemimpin Hong Kong bahwa "misi utama" mereka adalah menstabilkan dan mengendalikan wabah COVID-19 yang memburuk, kata media pro-Beijing, ketika kota itu kewalahan menangani pasien yang terpaksa dirawat di luar gedung rumah sakit.
  • Kasus harian COVID-19 di Korea Selatan menembus angka 90.000 untuk pertama kalinya, rekor tertinggi di negara itu akibat varian Omicron.
  • Singapura akan memperluas kebijakan perjalanan bebas karantina ke Hong Kong, Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab bulan ini.

Timur Tengah dan Afrika

  • BioNTech telah mengembangkan sistem pembuat vaksin dalam kontainer kargo yang rencananya akan dikirim ke Afrika dalam bentuk rakitan untuk mengurangi kesenjangan akses vaksin COVID-19.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Amerika

  • Kasus baru COVID-19 di seluruh benua Amerika turun 31 persen selama pekan lalu, penurunan kasus mingguan untuk keenam kalinya, namun jumlah kematian masih meningkat, kata Organisasi Kesehatan Pan Amerika.
  • Kepolisian Ottawa mulai memperingatkan para sopir truk yang memblokade pusat kota bahwa mereka harus membubarkan diri jika tidak mau ditangkap. Pemerintah Kanada berupaya mengakhiri aksi penentangan terhadap pembatasan COVID-19 yang telah berlangsung tiga pekan.

Eropa

  • Jerman akan melonggarkan pembatasan COVID-19 ketika gelombang infeksi varian Omicron tampak telah melewati puncaknya.
  • Inggris akan memberikan vaksin COVID-19 pada anak usia 5-11 tahun untuk memperluas cakupan vaksinasi anak. Keputusan itu diambil lebih lambat daripada di beberapa negara lain.
  • Yunani akan mencabut sejumlah pembatasan COVID-19 di sektor perhotelan berdasarkan rekomendasi dari para pakar penyakit menular karena jumlah kasus infeksi menurun.
  • Swiss akan menghapus hampir semua pembatasan COVID-19 mulai tengah malam setelah lonjakan infeksi yang dipicu varian Omicron tidak membuat sistem kesehatan kewalahan.

 

3 dari 4 halaman

Perkembangan Medis

  • Penurunan drastis angka tes COVID-19 cenderung berkontribusi pada penurunan jumlah kasus yang dilaporkan, bahkan ketika angka kematian meningkat, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
  • Umur simpan vaksin COVID-19 AstraZeneca yang relatif singkat mempersulit upaya vaksinasi di negara-negara miskin, menurut dokumen WHO.
4 dari 4 halaman

Infografis Gejala Covid-19 Omicron dan Cara Penanganan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.