Sukses

Tanggal Hari Ibu di Indonesia dan Berbagai Negara

Hari Ibu di Indonesia dirayakan pada 22 Desember 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Ibu dirayakan di Indonesia tiap 22 Desember. Pada 2021, hari tersebut jatuh pada Rabu besok.

Perayaan Hari Ibu tidak sama di tiap negara. Perayaan pada 22 Desember adalah khusus untuk Indonesia. 

Ini membuat perayaan Hari Ibu di Indonesia merupakan salah satu yang terakhir di dunia sepanjang tahun. Salah satu negara yang merayakan paling awal adalah Norwegia, pada Minggu kedua Februari.

Negara-negara timur tengah umumnya merayakan Hari Ibu pada 21 Maret.

Sementara, mayoritas negara lainnya, termasuk Amerika Serikat, Malaysia, dan Ausralia, merayakan Hari Ibu pada Minggu kedua Mei.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beda di Korut dan Korsel

Menariknya, Korea Utara dan Korea Selatan tidak merayakan Hari Ibu bersamaan.

Korea Utara merayakannya pada 16 November, sementara Korea Selatan merayakannya bersama Hari Orang Tua (Eobeoinal) pada 8 Mei.

Salah satu tradisi di Korsel adalah memberikan orang tua bunga carnation (anyelir). 

Untuk di Indonesia, Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) berkata bahwa Hari Ibu hadir melalui keputusan Kongres Perempoean Indonesia III di Bandung, 22 Desember 1938.

Pada Hari Ibu, diharapkan agar masyarakat Indonesia mengenang perjuangan perempuan dalam kemerdekaan dan membangun bangsa.

3 dari 3 halaman

Infografis Hari Ibu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini