Sukses

Tokyo Berencana Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Liputan6.com, Tokyo - Pemerintah Metropolitan Tokyo akan memulai sebuah sistem yang secara efektif mengizinkan pernikahan sesama jenis di ibu kota Jepang mulai April 2022. Gubernur Tokyo Yuriko Koike menyampaikan pengumuman tersebut pada Selasa 7 Desember.

Pemerintah daerah untuk kota berpenduduk 14 juta itu berencana untuk memperkenalkan "pernikahan sesama jenis" atau LGBT.

Keputusan ini dibuat setelah majelis lokal dengan suara bulat menyerukan langkah tersebut, demikian dikutip dari CNN, Rabu (8/12/2021).

Beberapa otoritas lokal di Tokyo, serta beberapa kotamadya lokal lainnya, telah memperkenalkan rencana serupa yang secara resmi mengakui pasangan sesama jenis. Ini juga akan memberi mereka beberapa hak yang sama seperti pasangan heteroseksual yang sudah menikah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Legal Sejak 1880

Tetapi para kritikus mengatakan, pasangan LGBTQ masih menghadapi kerugian di bidang-bidang seperti perpajakan, bahkan di bawah pengaturan kemitraan semacam itu.

Homoseksualitas telah legal di Jepang sejak 1880, dan negara ini relatif liberal dibandingkan dengan beberapa negara Asia lainnya.

Satu-satunya tempat di Asia yang melegalkan pernikahan sesama jenis adalah Taiwan.

3 dari 3 halaman

Infografis Isu LGBT Berhembus di Parlemen