Sukses

AS Imbau Warganya untuk Tidak Berpegian ke Afrika, Waspadai COVID-19 Varian Omicron

Liputan6.com, D.C - Departemen Luar Negeri AS pada Sabtu 27 November 2021 mengeluarkan peringatan tingkat tertinggi yang mendesak para pelancong untuk menghindari Afrika Selatan dan tujuh negara terdekat karena khawatir atas varian baru COVID-19, Omicron.

Peringatan itu datang sehari setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengidentifikasi Omicron sebagai varian yang mengkhawatirkan karena mutasinya lebih mudah menular, seperti dikutip dari UPI, Minggu (28/11/2021).

Sementara para ilmuwan mengatakan mereka sedang meninjau data untuk memahami bahaya yang ditimbulkan oleh varian tersebut, AS dan Uni Eropa telah bergerak maju dengan larangan perjalanan di Afrika Selatan dan negara-negara tetangga di mana dia diidentifikasi.

Departemen Luar Negeri AS memperbarui nasihatnya untuk Level 4 dilarang bepergian untuk Afrika Selatan, Zimbabwe, Namibia, Mozambik, Malawi, Lesotho, Eswatini dan Botswana.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Kapasitas Rumah Sakit Ditingkatkan untuk Antisipasi

Penasihat biasanya digunakan untuk memperingatkan para pelancong tentang penculikan, kerusuhan sipil, atau kekerasan. Pada Senin pekan lalu, Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan peringatan Level 4 untuk Jerman dan Denmark di mana kasus COVID-19 telah melonjak.

Dr. Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, mengatakan bahwa varian tersebut mungkin sudah ada di AS dan memperingatkan orang-orang untuk tidak lengah.

Untuk mengantisipasi jenis virus yang dapat mempengaruhi sistem kesehatan, Gubernur New York, Kathy Hochul menandatangani perintah eksekutif yang dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas rumah sakit dan mengamankan pasokan.

"Kami terus melihat tanda-tanda peringatan lonjakan COVID-19 musim dingin ini, dan sementara varian Omicron baru belum terdeteksi di Negara Bagian New York, itu akan datang," katanya dalam sebuah pernyataan.

 

Reporter: Cindy Damara

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19