Sukses

Australia Tetapkan Pembatasan bagi Pelancong dari Afrika, Antisipasi COVID-19 Varian Omicron

Australia memberlakukan pembatasan baru pada Sabtu (27/5/2020) pada orang-orang yang telah ke sembilan negara di kawasan Afrika selatan, karena COVID-19 varian omicron.

Liputan6.com, Canberra - Australia memberlakukan pembatasan baru pada Sabtu (27/5/2020) pada orang-orang yang telah ke sembilan negara di kawasan Afrika selatan, karena COVID-19 varian omicron menimbulkan kekhawatiran tentang gelombang pandemi lainnya.

Negara-negara tersebut adalah Afrika Selatan, Namibia, Zimbabwe, Botswana, Lesotho, Eswatini, Seychelles, Malawi dan Mozambik, demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (27/11/2021).

Efektif segera, pemerintah akan melarang non-warga negara yang telah berada di negara-negara tersebut masuk dan akan memerlukan karantina 14 hari yang diawasi untuk warga negara Australia dan tanggungan mereka yang kembali dari negara-negara itu, kata Menteri Kesehatan Greg Hunt.

Pembatasan ini juga berlaku untuk orang-orang seperti siswa internasional dan pekerja migran yang tiba dari negara-negara di mana Australia memiliki gelembung perjalanan, yang telah berada di salah satu dari sembilan negara dalam 14 hari terakhir.

"Jika bukti medis menunjukkan bahwa tindakan lebih lanjut diperlukan, kami tidak akan ragu untuk mengambilnya. Dan itu mungkin melibatkan penguatan atau perluasan pembatasan," katanya.

Siapa pun yang telah tiba di Australia dan yang telah berada di salah satu negara tersebut dalam 14 hari terakhir harus segera mengisolasi dan dites COVID-19.

Pemerintah Australia juga akan menangguhkan semua penerbangan dari sembilan negara Afrika selatan selama dua minggu.

Dua puluh pelancong dari Afrika Selatan dikarantina di fasilitas Howard Springs di Northern Territory, 19 di antaranya telah kembali tes virus corona negatif. Belum diketahui apakah satu hasil tes positif adalah COVID-19 varian Omicron, kata Hunt.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Varian Baru Omicron Memicu Kekhawatiran Global

Penemuan varian – yang memiliki protein lonjakan secara dramatis berbeda dari yang didasarkan pada vaksin yang ada – memicu alarm global pada hari Jumat ketika negara-negara bergegas untuk menangguhkan perjalanan dari Afrika selatan dan pasar saham mengalami penurunan terbesar mereka dalam lebih dari setahun.

Australia awal bulan ini melonggarkan pembatasan perbatasan internasionalnya untuk pertama kalinya selama pandemi yang memungkinkan penduduk yang sepenuhnya divaksinasi untuk kembali ke negara itu tanpa karantina setelah tingkat vaksinasi yang lebih tinggi.

Australia sebagian besar telah membasmi infeksi untuk sebagian besar tahun ini sampai wabah varian Delta yang sangat menular pada akhir Juni menyebar dengan cepat di seluruh timurnya. Sekitar 205.000 kasus dan 1.985 kematian telah tercatat sejauh ini, lebih rendah daripada banyak negara lain di negara maju.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini