Sukses

Studi: Penyebab Wabah Penyakit Menular Dimulai dari Air

Menurut penelitian, air adalah penyebab utama penyebaran wabah penyakit.

Liputan6.com, Jakarta - Air yang telah terkontaminasi adalah penyebab utama wabah penyakit menular skala besar. Wabah penyakit ini dapat ditularkan dari hewan ke manusia.

Dilansir UPI, Sabtu (6/11/21), ancaman kesehatan ini disebut penyakit menular zoonosis. COVID-19 dan Ebola termasuk dalam wabah penyakit ini.

Seorang profesor, Patrick Stephens mangatakan "Di era COVID-19, dapat dimengerti bahwa banyak orang mungkin tidak menyadari berapa banyak wabah penyakit menular lainnya yang disebabkan oleh kondisi ekologi dan sosial ekonomi yang kompleks dan saling terkait".

Kontaminasi air adalah penyebab paling umum dari wabah berat dan penyebab paling umum kedua dari wabah lain yang lebih ringan. Contoh penyakit yang berhubungan dengan air ini termasuk hepatitis E, tipus dan disentri.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Wabah

Selain kontaminasi air, wabah paling sering disebabkan oleh pola cuaca yang tidak biasa, perubahan kelimpahan pembawa penyakit seperti nyamuk dan kutu, dan pengelolaan limbah.

Wabah besar mungkin disebabkan oleh patogen virus seperti coronavirus SARS, virus influenza dan virus ensefalitis Jepang. Umumnya, wabah kecil dikaitkan dengan kontaminasi makanan, produksi ternak lokal dan kontak manusia-hewan.

"Kami tahu bahwa faktor-faktor seperti paparan mamalia liar, gangguan habitat, perdagangan internasional dan perjalanan serta kontak dengan makanan dan air yang terkontaminasi merupakan pertimbangan penting," kata Stephens dalam rilis berita universitas.

"Penelitian kami dirancang untuk memahami proporsi wabah yang disebabkan oleh berbagai penyebab. Sepengetahuan kami, penelitian ini adalah yang pertama untuk sampel global wabah banyak penyakit," kata Stephens.

 

Penulis : Alicia Salsabila

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Tips Mudah Perlindungan Diri dan Sekitar dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.