Sukses

Jokowi Kembali Masuk Daftar 50 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Dalam situs resminya, RISSC memaparkan identitas Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengisi daftar 50 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia tahun 2022. Berbeda dari sebelumnya, kini namanya ada di urutan ke-13 -- menurun dari 2021.

Pusat Studi Strategi Islam (The Royal Islamic Strategi Studies Center/RISSC) menjadi lembaga riset yang merilis daftar tersebut, demikian dikutip dari laman themuslim500, Senin (1/11/2021).

RISSC ini merupakan lembaga independen yang punya afiliasi dengan Kerajaan Yordania di Amman. Dalam situs resminya, RISSC memaparkan identitas Jokowi.

Dituliskan pula sejumlah pengaruh positif Jokowi sebagai tokoh muslim dunia.

"Joko Widodo atau Jokowi begitu ia dikenal, terpilih kembali sebagai Presiden Indonesia dalam pemilihan umum April 2019, memenangkan 55,5% suara dan akan menjalani masa jabatan kedua dan terakhirnya hingga 2024. Presiden Widodo memilih Ma'ruf Amin sebagai cawapres. Ma'ruf Amin adalah pemimpin Majelis Ulama Indonesia, badan ulama Muslim terkemuka di negara itu."

"Presiden Widodo adalah presiden Indonesia pertama yang tidak berasal dari militer atau elit politik. Ia berasal dari latar belakang sederhana keturunan Jawa. Ayahnya memiliki bisnis furnitur kecil-kecilan, yang seringkali tidak dapat mencukupi kebutuhannya."

"Mereka berjuang untuk memasukkannya ke universitas, di mana dia lulus di bidang kehutanan. Setelah lulus, Widodo bekerja selama tiga tahun di dinas kehutanan sebuah perusahaan negara di Aceh sebelum kembali ke bisnis keluarganya."

Lembaga independen ini turut mengulas karier politik Jokowi. Dimana, disebutkan bahwa ia pernah menjawab sebagai walikota Surakarta sebelum menjadi gubernur Jakarta pada September 2012.

"Sebagai walikota yang sukses, ia menikmati hubungan dekat dengan konstituennya. Dia fokus mempromosikan kota sebagai pusat budaya Jawa, tetapi juga mengembangkan sistem transportasi umum, kesehatan dan hubungan bisnis dengan masyarakat."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Budaya Blusukan Turut Diangkat

RISSC memaparkan bahwa Presiden Widodo menjadi terkenal karena kunjungan dadakan untuk melihat dan mendengar langsung dari orang-orang di komunitas lokal.

"Hal ini memungkinkan dia untuk secara langsung mengatasi keprihatinan dan kritik mereka, memungkinkan dia untuk mengembangkan hubungan pribadi yang kuat dengan publik."

Meskipun pertumbuhan ekonomi belum seperti yang diharapkan, investasi yang kuat dalam infrastruktur dan layanan sosial memastikan bahwa Jokowi masih mendapat dukungan kuat di antara rakyat.

Ia juga masih dipandang sebagai pemimpin yang jujur dan memimpin Asian Games 2018 yang sukses di Jakarta.

3 dari 3 halaman

Infografis Sorotan 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.