Sukses

Perkuat Militer Korut, Kim Jong-un Tak Ada Niat Perang dengan Korea Selatan

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjanji membuat militer Korea Utara menjadi tak terkalahkan.

Liputan6.com, Pyongyang - Pemimpin Korea Utara telah bersumpah untuk membangun "militer yang tak terkalahkan" dalam menghadapi apa yang dikatakannya sebagai kebijakan bermusuhan dari Amerika Serikat, lapor media pemerintah.

Kim Jong-un menambahkan bahwa pengembangan senjata adalah untuk pertahanan diri, dan bukan untuk memulai perang.

Dikutip BBC, Rabu (13/10/2021), Kim membuat komentar di sebuah pameran pertahanan langka sementara diapit oleh berbagai rudal besar. Korea Utara baru-baru ini menguji apa yang diklaimnya sebagai rudal hipersonik dan anti-pesawat baru.

Sementara itu, Korea Selatan baru-baru ini menguji senjata yang diluncurkan dari kapal selamnya sendiri.

Dalam pidatonya di pameran Bela Diri 2021 yang diadakan di ibu kota Korea Utara, Pyongyang, Kim berbicara tentang pembangunan militer di Selatan dan mengatakan bahwa Korea Utara tidak ingin melawan tetangganya. 

"Kami tidak membahas perang dengan siapa pun, melainkan untuk mencegah perang itu sendiri dan secara harfiah meningkatkan pencegahan perang untuk perlindungan kedaulatan nasional," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

AS Disebut Jadi Penyebab Ketegangan Korut dan Korsel

Kim, dikelilingi oleh berbagai perangkat keras militer termasuk tank, menuduh AS memicu ketegangan antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Dia mengatakan "tidak ada dasar perilaku" untuk membuat Korea Utara percaya bahwa AS tidak bermusuhan.

AS di bawah Presiden Joe Biden telah berulang kali mengatakan bersedia untuk berbicara dengan Korea Utara, tetapi telah menuntut Pyongyang menyerahkan senjata nuklirnya sebelum sanksi dapat dilonggarkan. Namun, Korea Utara sejauh ini menolak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.