Sukses

5 Oktober 1974: 21 Pasang Sepatu Jadi Bukti Perjalanan Keliling Dunia dengan Jalan Kaki Pertama Kali

Dave Kunst akhirnya menyelesaikan perjalanannya sendirian, kembali ke Waseca pada 5 Oktober 1974. Akhir perjalanan keliling dunia dengan jalan kaki versinya.

Liputan6.com, Minnesota - Sejarah mencatatkan nama orang Amerika, Dave Kunst telah menyelesaikan perjalanan keliling dunia pertama dengan berjalan kaki. Menurut History.com, ia menghabiskan waktu empat tahun dan 21 pasang sepatu untuk menyelesaikan perjalanan 14.500 mil melintasi daratan empat benua.

Dave Kunst meninggalkan kampung halamannya di Waseca, Minnesota, pada 20 Juni 1970. Menjelang akhir perjalanannya di tahun 1974, dia menjelaskan alasan perjalanan epiknya:

"Saya lelah dengan Waseca, lelah dengan pekerjaan saya, lelah dengan banyak hal kecil. Orang yang tidak mau berpikir, dan bosan dengan istri."

Selama perjalanan panjang, ia mengambil sponsor dan membantu mengumpulkan uang untuk UNICEF.

Dalam misinya, Dave Kunst ditemani oleh saudaranya, John. Tetapi pada tahun 1972 John Kunst ditembak mati oleh bandit di Afghanistan sementara Dave terluka.

Setelah kembali ke Minnesota untuk memulihkan diri, Kunsk melakukan perjalanan kembali ke Afghanistan dan melanjutkan perjalanan globalnya keliling dunia jalan kaki dengan saudaranya yang lain, Peter.

Peter juga tak bisa menyelesaikan misi tersebut, ia keluar karena alasan kesehatan.

Dave Kunst akhirnya menyelesaikan perjalanannya sendirian, kembali ke Waseca pada 5 Oktober 1974.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aksi Sebelumnya

Aksi serupa pernah digaungkan oleh George Shilling dari Amerika. Ia membual tentang perjalanan keliling dunia hampir seratus tahun sebelumnya, tetapi prestasinya tidak pernah diverifikasi.

Orang Amerika lainnya, Arthur Blessitt, memegang rekor untuk perjalanan jarak jauh dengan jalan kaki dan banyaknya negara yang dikunjungi, meskipun ia didorong oleh tujuan selain ketenaran buku rekor.

Sejak 1969, Blessitt telah berjalan lebih dari 34.500 mil, mengunjungi 290 negara di enam benua, sambil membawa salib setinggi 12 kaki atau sekitar 3,6 meter yang dapat dilipat dan mengajarkan agama Kristen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini