Sukses

Amerika Bakal Jadi Tuan Rumah Pertemuan dengan Australia, Jepang dan India

Presiden AS Joe Biden akan menerima pemimpin Australia, Jepang dan India dalam pertemuan pekan depan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden AS Joe Biden akan menjadi tuan rumah pertemuan langsung pertama para pemimpin negara-negara "Quad" - Australia, India, Jepang dan Amerika Serikat - pekan depan, seorang pejabat senior AS mengatakan kepada Reuters, Senin (13/9).

KTT akan diadakan di Gedung Putih pada 24 September, kata pejabat itu. 

Mengutip Channel News Asia, Selasa (14/9/2021), Perdana menteri Australia, India dan Jepang - Scott Morrison, Narendra Modi dan Yoshihide Suga - diharapkan berada di Amerika Serikat minggu depan untuk menghadiri Majelis Umum PBB di New York.

Pertemuan virtual para pemimpin negara-negara Quad, yang telah berusaha untuk meningkatkan kerja sama dalam menghadapi kekuatan dan ketegasan China yang tumbuh, diadakan pada bulan Maret. Dalam pertemuan itu, para pemimpin berjanji untuk bekerja sama secara erat perihal vaksin dan iklim dan untuk memastikan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka dalam menghadapi tantangan dari Beijing.

“Menjadi tuan rumah bagi para pemimpin Quad menunjukkan prioritas Administrasi Biden-Harris untuk terlibat di Indo-Pasifik, termasuk melalui konfigurasi multilateral baru untuk memenuhi tantangan abad ke-21,” kata pejabat senior pemerintah kepada Reuters.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eratkan Kerja Sama

Pejabat senior AS mengatakan bahwa Quad Leaders akan "berfokus pada memperdalam hubungan dan memajukan kerja sama praktis di berbagai bidang seperti memerangi COVID-19, mengatasi krisis iklim, bermitra dalam teknologi dan dunia maya yang baru muncul, dan mempromosikan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka."

Inisiatif vaksin dari pertemuan puncak pertama terhenti setelah India, produsen vaksin terbesar di dunia, dilanda gelombang infeksi yang dahsyat dan menghentikan ekspor vaksin.

Pada KTT bulan Maret, keempat pemimpin sepakat produsen obat India Biological E Ltd akan memproduksi setidaknya satu miliar dosis vaksin virus corona pada akhir 2022, terutama untuk negara-negara Asia Tenggara dan Pasifik.

Kyodo News Jepang melaporkan pekan lalu bahwa Suga akan mengunjungi Washington bulan ini untuk pertemuan Quad meskipun masa jabatannya sebagai pemimpin Partai Demokrat Liberal yang berkuasa - dan sebagai perdana menteri Jepang - berakhir pada 30 September.

Suga menjadi pemimpin pertama yang mengadakan pertemuan tatap muka Gedung Putih dengan Biden pada bulan April, menggarisbawahi peran sentral Jepang dalam upaya AS untuk menghadapi China.

Pertemuan Quad akan terjadi setelah citra Biden dirusak atas penarikan AS yang kacau dari Afghanistan. Para pejabat AS mengatakan mengakhiri perang terpanjang Amerika akan memungkinkan pemerintah mengalihkan sumber daya dan perhatian untuk mengatasi masalah terkait China.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini