Sukses

Kleopatra, Asteroid Aneh Berbentuk Tulang Makanan Anjing

Kleopatra adalah nama asteroid aneh berbentuk makanan anjing yang terpantau bergerak sangat cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Inilah pemandangan yang akan membuat anjing yang melihatnya tergiur, asteroid yang terlihat seperti tulang.

Dinamakan Kleopatra, massa ruang angkasa aneh dengan 2 bulan mengorbit matahari antara Mars dan Jupiter. Asteroid tersebut memiliki panjang 168 mil (270 km) dan lebar 58 mil (93,3 km).

Ini adalah salah satu objek paling tak biasa di tata surya, dan berputar dengan kecepatan yang menakjubkan.

Gambar yang beredar diambil tahun 2017 oleh teleskop yang sangat besar di gurun Atacama Chili.

Melansir dari laman Mirror, Sabtu (11/9/2021), Dr Franck Marchis, dari SETI Institute di Mountain View, California, mengatakan: "Kleopatra benar-benar tubuh yang unik di tata surya kita. Sains membuat banyak kemajuan berkat studi tentang hal asing yang aneh.

"Saya rasa Kleopatra adalah salah satunya dan memahami sistem multi asteroid yang kompleks ini dapat membantu kita mempelajar lebih lanjut tentang taat surya kita."

"Kleopatra berjarak 125 juta mil dari Bumi pada titik terdekatnya."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Asal Muasal Kleopatra

Pengamatan mengidentifikasi dimensi dan massa asteroid lebih akurat daripada sebelumnya dan menjelaskan bagaimana bulan yang mengorbitnya dapat terbentuk.

Para ilmuwan pun mendapati asteroid berbentuk tulang anjing itu jauh lebih besar dari yang diperkirakan sebelumnya.

Kleopatra diyakini sebagai sisa dari tabrakan keras antara 2 asteroid yang tidak sepenuhnya hancur.

Refleksi kuat dari sinyal radar manandakan asteroid tersebut terbentuk dari bahas utama logam, mungkin paduan nikel-besi.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.