Sukses

HEADLINE: 20 Tahun Tragedi WTC 11 September, Al-Qaeda Berpotensi Bangkit?

Hari ini, 20 tahun lalu, 2.996 orang tewas. Nyawa mereka melayang dalam teror paling brutal sepanjang sejarah, yang dikenal sebagai tragedi 9/11 atau 11 September.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, 20 tahun lalu, 2.996 orang tewas. Nyawa mereka melayang dalam teror paling brutal sepanjang sejarah, yang dikenal sebagai tragedi 9/11.

Tak hanya paling mengerikan, tragedi 9/11 juga menjadi teror dengan kerugian terbesar di dunia. Angkanya mencapai US$ 25.122 juta atau Rp 330,5 triliun.

Pagi itu, 11 September 2001, 19 militan yang terkait dengan kelompok ekstremis Al-Qaeda membajak empat pesawat. Mereka kemudian melakukan serangan bunuh diri dengan sasaran gedung di Amerika Serikat. 

Mengutip History, Jumat (10/9/2021), dua dari pesawat ditabrakkan ke menara kembar World Trade Center di New York City, pesawat ketiga menghantam Pentagon di luar Washington, D.C, dan pesawat keempat jatuh di sebuah lapangan di Shanksville, Pennsylvania. 

Para pembajak adalah teroris dari Arab Saudi dan beberapa negara Arab lainnya. Aksi itu dilaporkan dibiayai organisasi teroris Al-Qaeda yang dipimpin buronan Arab Saudi, Osama bin Laden. Mereka diduga bertindak sebagai pembalasan atas dukungan Amerika terhadap Israel, keterlibatan dalam Perang Teluk Persia, dan kehadiran militer AS yang berkelanjutan di Timur Tengah.

Osama bin Laden saat itu bersembunyi dengan bantuan Taliban saat memerintah Afghanistan dari 1996 hingga 2001. Amerika Serikat pun langsung menginvasi Afghanistan dan menggulingkan Taliban karena menolak menyerahkan para pemimpin Al-Qaeda setelah serangan 11 September 2001.

Kini, Taliban kembali berkuasa di Afghanistan. Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan, kelompok ekstremis Al-Qaeda yang menggunakan Afghanistan sebagai pangkalan untuk menyerang Amerika Serikat 20 tahun lalu, mungkin mencoba beregenerasi di sana menyusul keluarnya pasukan Amerika yang telah membuat Taliban berkuasa. 

Hal itu diungkap Austin kepada sekelompok kecil wartawan di Kuwait City pada akhir lawatan empat hari ke negara-negara Teluk Persia. Dia mengatakan Amerika Serikat siap mencegah kembalinya Al-Qaeda di Afghanistan yang akan mengancam Amerika Serikat.

"Seluruh dunia sedang mengamati apa yang terjadi dan apakah Al-Qaeda memiliki kemampuan untuk beregenerasi di Afghanistan,'' katanya.

"Al-Qaeda dan ISIS akan selalu berusaha menemukan ruang untuk tumbuh dan beregenerasi, apakah itu di sana, di Somalia, atau wilayah lain yang tidak berpemerintahan."

Selama 20 tahun pasukan AS berada di Afghanistan, aktivitas Al-Qaeda sangat berkurang. Tetapi pertanyaan kini kembali muncul tentang prospek masa depannya dengan Taliban di Kabul.

"Kami sudah memberi tahu Taliban bahwa kami berharap mereka tidak membiarkan itu terjadi," kata Austin, mengacu pada kemungkinan Al-Qaeda menggunakan Afghanistan sebagai basis operasinya di masa depan.

Dalam perjanjian dengan pemerintahan Trump Februari 2020, pemimpin Taliban berjanji tidak mendukung Al-Qaeda atau kelompok ekstremis lain yang mengancam Amerika Serikat. Namun para pejabat AS meyakini bahwa Taliban mempertahankan hubungannya dengan Al-Qaeda, dan banyak negara, termasuk negara-negara Teluk Arab. Mereka khawatir bahwa kembalinya Taliban ke tampuk kekuasaan dapat membuka pintu bagi kebangkitan pengaruh Al-Qaeda.

Austin menegaskan, militer AS mampu menanggulangi Al-Qaeda atau ancaman ekstremis lainnya ke Amerika Serikat yang berasal dari Afghanistan dengan menggunakan pesawat pengintai dan serangan yang berbasis di tempat lain, termasuk di Teluk Persia. Namun ia juga mengakui usaha itu akan lebih sulit tanpa pasukan AS dan tim intelijen yang berbasis di Afghanistan. 

 

Pengamat Timur Tengah dari Universitas Indonesia, Yon Machmudi, menilai potensi bangkitnya Al-Qaeda di Afghanistan itu kecil. Kepentingan Taliban kini sudah berbeda sejak kembali berkuasa. Al-Qaeda justru dinilai bisa mengganggu pemerintahan Taliban ke depannya. 

"Mereka akan memerangi kelompok Al-Qaeda dan ISIS yang menggunakan tanah atau wilayah Afghanistan untuk tujuan-tujuan terorisme," ujar Yon Machmudi kepada Liputan6.com.

Menghadapi ancaman Al-Qaeda maupun ISIS, menurutnya akan cukup menantang bagi Taliban, karena kedua kelompok itu bergerak secara underground. Contohnya ISIS yang sempat meledakkan bandara di Kabul beberapa waktu lalu.

Selain itu, Taliban diprediksi tak akan kerja sama lagi dengan Al-Qaeda mengingat hubungan lama mereka justru memicu perang 20 tahun dengan AS. 

"Posisi Taliban tidak memungkinkan untuk bekerja sama dengan Al-Qaeda karena mereka tentu belajar dari pengalaman masa lalu ketika berkuasa, lalu membantu, dan menampung pimpinan Al-Qaeda. Itu berdampak kepada invasi dan serangan Amerika yang menjatuhkan Taliban pada 2001," jelas Yon Machmudi. 

Faktor hubungan luar negeri juga menjadi penghalang hubungan Taliban dan Al-Qaeda. Amerika Serikat dan Taliban sepakat agar kelompok teror seperti Taliban dan Al-Qaeda dilarang di Afghanistan. Hal itu merupakan deal dengan AS sebelum meninggalkan Afghanistan.

Ada juga pengaruh Rusia dan China yang menuntut adanya stabilitas di Afghanistan, terutama wilayah perbatasan, untuk kepentingan masing-masing. "Deal dengan negara-negara tetangga, baik itu China, Rusia, dan Iran, itu adalah persoalan keamanan," jelas Yon.

"Jadi mereka meminta agar kelompok separatis yang biasa berada di perbatasan Afghanistan yang mengganggu keamanan di Asia Tengah dengan Rusia ataupun dengan China itu diminta ketegasan Taliban tidak membiarkan wilayahnya dipakai untuk itu."

Dari sisi ideologi, Taliban dan Al-Qaeda juga dinilai Yon berbeda terkait pemerintahan. Menurutnya, Al-Qaeda lebih erat dengan ISIS.

"Mereka sama-sama kelompok yang berideologi Islam tapi basisnya berbeda. Taliban dalam melawan Amerika dia tak pernah melakukan aksi-aksi bom bunuh diri. Kemudian anggota Taliban tidak ada yang terlibat di luar Afghanistan karena Taliban fokus kepada perjuangan di Afghanistan," jelas Yon Machmudi.

Lebih lanjut, Taliban berniat mendirikan pemerintahan Emirat di Afghanistan. Mereka juga mengaku siap berdiplomasi dengan berbagai negara, serta tak ada niatan membangun khilafah.

"Berbeda dengan Al-Qaeda maupun ISIS yang menginginkan adanya sebuah pemerintahan global yang disebut Islamic State yang meliputi seluruh wilayah di dunia Islam," Yon memungkasi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dokumen Rahasia

Presiden AS Joe Biden baru-baru ini mengatakan dia akan merilis dokumen rahasia yang terkait dengan penyelidikan apakah Arab Saudi berperan dalam serangan itu. Pemerintah Arab Saudi telah membantah ada hubungan dengan serangan tersebut.

Joe Biden mengeluarkan perintah eksekutif kepada Jaksa Agung Merrick Garland untuk merilis dokumen tersebut. Tapi tidak memberikan keterangan waktu. 

Presiden Joe Biden pada juga mengarahkan deklasifikasi dokumen-dokumen tertentu yang terkait dengan serangan teroris 11 September 2001, sebuah isyarat dukungan kepada keluarga korban yang telah lama mencari catatan dengan harapan melibatkan pemerintah Saudi.

Perintah itu, yang datang sedikit lebih dari seminggu sebelum peringatan ke-20 serangan 9/11, adalah momen penting dalam pergumulan selama bertahun-tahun antara pemerintah dan keluarga mengenai informasi rahasia tentang serangan yang dapat dipublikasikan.

Konflik itu terlihat pada Agustus 2021 ketika banyak kerabat, penyintas, dan responden pertama menentang partisipasi Biden jika dokumen tetap dirahasiakan.

Biden mengatakan, dia memenuhi komitmen kampanye dengan memerintahkan peninjauan deklasifikasi dan berjanji bahwa pemerintahannya "akan terus terlibat dengan hormat dengan anggota komunitas (9/11) ini.”

"Peristiwa penting yang dimaksud terjadi dua dekade lalu atau lebih, dan itu menyangkut momen tragis yang terus bergema dalam sejarah Amerika dan dalam kehidupan begitu banyak orang Amerika," perintah eksekutif itu menyatakan.

"Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa Pemerintah Amerika Serikat memaksimalkan transparansi, mengandalkan klasifikasi hanya jika disesuaikan secara sempit dan diperlukan."

Perintah Joe Biden tersebut mengarahkan Departemen Kehakiman dan lembaga cabang eksekutif lainnya untuk memulai tinjauan deklasifikasi, dan mengharuskan dokumen yang tidak diklasifikasikan dirilis selama enam bulan ke depan.

Brett Eagleson, yang ayahnya, Bruce, termasuk di antara para korban World Trade Center (WTC) dan yang merupakan advokat untuk kerabat korban lainnya, memuji tindakan Joe Biden sebagai "langkah pertama yang kritis." Dia mengatakan keluarga akan mengawasi proses dengan cermat untuk memastikan bahwa Departemen Kehakiman menindaklanjuti dan bertindak "dengan itikad baik."

"Tes pertama akan dilakukan pada 9/11, dan dunia akan menyaksikan. Kami berharap dapat berterima kasih kepada Presiden Biden secara langsung minggu depan saat dia bergabung dengan kami di Ground Zero untuk menghormati mereka yang meninggal atau terluka 20 tahun lalu," kata Eagleson.

Namun, dampak praktis dari perintah eksekutif dan dokumen baru apa pun yang mungkin dihasilkannya tidak segera jelas. Dokumen publik yang dirilis dalam dua dekade terakhir, termasuk oleh Komisi 9/11, telah merinci banyak keterlibatan Saudi tetapi belum membuktikan keterlibatan pemerintah.

Gugatan lama di pengadilan federal di New York bertujuan untuk meminta pertanggungjawaban pemerintah Saudi dan menuduh bahwa pejabat Saudi memberikan dukungan signifikan kepada beberapa pembajak sebelum serangan.

Gugatan itu mengambil langkah maju yang besar tahun ini dengan interogasi di bawah sumpah mantan pejabat Saudi, dan anggota keluarga telah lama menganggap pengungkapan dokumen yang tidak diklasifikasikan sebagai langkah penting dalam membuat kasus mereka.

Pemerintah Saudi telah membantah ada hubungan dengan serangan itu.

15 pembajak adalah orang Saudi, seperti halnya Osama bin Laden, di mana jaringan Al-Qaeda berada di balik serangan itu. Pengawasan khusus berpusat pada dukungan yang ditawarkan kepada dua pembajak pertama yang tiba di AS, Nawaf al-Hazmi dan Khalid al-Mihdhar, termasuk warga negara Saudi yang memiliki hubungan dengan pemerintah Saudi yang membantu orang-orang itu menemukan dan menyewa apartemen di San Diego dan yang sebelumnya menarik perhatian FBI.

Meskipun banyak dokumen yang memeriksa potensi hubungan Saudi telah dirilis, pejabat AS telah lama menganggap catatan lain terlalu sensitif untuk diungkapkan. Pada hari Kamis, keluarga korban dan penyintas mendesak inspektur jenderal Departemen Kehakiman untuk menyelidiki ketidakmampuan FBI untuk menemukan bukti kunci yang mereka cari.

Departemen Kehakiman AS mengungkapkan bulan lalu bahwa FBI baru-baru ini menyelesaikan penyelidikan yang memeriksa pembajak 9/11 tertentu dan rekan konspirator potensial, dan bahwa FBI sedang berupaya memberikan lebih banyak informasi.

Di bawah ketentuan perintah eksekutif, FBI harus menyelesaikan tinjauan deklasifikasi dokumen dari penyelidikan itu pada 11 September, yang disebutnya sebagai "Investigasi Subfile."

Dokumen tambahan, termasuk telepon dan catatan bank dan laporan dengan temuan investigasi, harus ditinjau dengan mata untuk pengungkapan selama enam bulan ke depan.

3 dari 4 halaman

Detik-Detik Serangan 9/11

Pada Selasa pagi yang cerah, 11 September 2001, pukul 08.45, pesawat American Airlines Boeing 767 yang memuat 20.000 galon bahan bakar jet menabrak menara utara World Trade Center di New York City.

Dampaknya meninggalkan lubang yang menganga dan terbakar di dekat lantai 80 gedung pencakar langit berlantai 110 itu, hingga membunuh ratusan orang dan menjebak ratusan lainnya di lantai yang lebih tinggi.

Saat evakuasi menara dan kembarannya sedang berlangsung, kamera televisi menyiarkan gambar langsung dari apa yang awalnya tampak seperti kecelakaan aneh. Kemudian, 18 menit setelah pesawat pertama menabrak, Boeing 767 kedua —Penerbangan United Airlines 175— muncul dari langit, berbelok tajam ke arah World Trade Center dan membelah menara selatan di dekat lantai 60.

Tabrakan itu menyebabkan ledakan besar yang menghujani puing-puing yang terbakar di atas gedung-gedung di sekitarnya dan ke jalan-jalan di bawahnya. Segera menjadi jelas bahwa Amerika sedang diserang.

Para pembajak adalah teroris dari Arab Saudi dan beberapa negara Arab lainnya. 

Dilaporkan dibiayai oleh organisasi teroris Al-Qaeda buronan Saudi, Osama bin Laden, mereka diduga bertindak sebagai pembalasan atas dukungan Amerika terhadap Israel, keterlibatannya dalam Perang Teluk Persia dan kehadiran militernya yang berkelanjutan di Timur Tengah.

Beberapa teroris telah tinggal di Amerika Serikat selama lebih dari satu tahun dan telah mengambil pelajaran penerbangan di sekolah penerbangan komersial Amerika. Yang lain telah menyelinap ke negara itu pada bulan-bulan sebelum 11 September dan bertindak sebagai "otot" dalam operasi itu.

Ke-19 teroris dengan mudah menyelundupkan pemotong kotak dan pisau melalui keamanan di tiga bandara Pantai Timur dan menaiki empat penerbangan pagi menuju California, dipilih karena pesawat-pesawat itu memuat bahan bakar untuk perjalanan lintas benua yang panjang. 

Segera setelah lepas landas, para teroris mengomandoi empat pesawat dan mengambil kendali, mengubah jet penumpang biasa menjadi peluru kendali.

Saat jutaan orang menyaksikan peristiwa yang berlangsung di New York, Penerbangan American Airlines 77 berputar di atas pusat kota Washington, DC, sebelum menabrak sisi barat markas militer Pentagon pada pukul 09.45.

Bahan bakar jet dari Boeing 757 menyebabkan kebakaran hebat yang menyebabkan runtuhnya struktur sebagian bangunan beton raksasa, yang merupakan markas besar Departemen Pertahanan AS.

Semua mengatakan, 125 personel militer dan warga sipil tewas di Pentagon, bersama dengan semua 64 orang di dalam pesawat.

Kurang dari 15 menit setelah teroris menyerang pusat saraf militer AS, kengerian di New York berubah menjadi bencana ketika menara selatan World Trade Center runtuh dalam awan debu dan asap yang sangat besar.

Baja struktural gedung pencakar langit, dibangun untuk menahan angin lebih dari 200 mil per jam dan api konvensional yang besar, tidak dapat menahan panas luar biasa yang dihasilkan oleh bahan bakar jet yang terbakar.

Pukul 10.30, bangunan utara menara kembar runtuh. 

Hanya enam orang di menara World Trade Center pada saat runtuh yang selamat. Hampir 10.000 lainnya dirawat karena cedera, banyak yang parah.

Sementara itu, pesawat keempat tujuan California— United Flight 93— dibajak sekitar 40 menit setelah meninggalkan Bandara Internasional Newark Liberty di New Jersey. Karena pesawat telah tertunda lepas landas, penumpang di pesawat mengetahui kejadian di New York dan Washington melalui telepon seluler dan panggilan Airfone ke darat.

Mengetahui bahwa pesawat tidak kembali ke bandara seperti yang diklaim pembajak, sekelompok penumpang dan pramugari merencanakan pemberontakan.

Para penumpang melawan empat pembajak dan diduga menyerang kokpit dengan alat pemadam kebakaran. Pesawat kemudian terbalik dan melaju ke tanah dengan kecepatan di atas 500 mil per jam, jatuh di lapangan pedesaan dekat Shanksville di Pennsylvania barat pada pukul 10.10 pagi. Semua 44 orang di dalamnya tewas. 

Sebanyak 2.996 orang tewas dalam serangan 9/11, termasuk 19 teroris pembajak di empat pesawat. Warga dari 78 negara tewas di New York, Washington. DC, dan Pennsylvania.

Di World Trade Center, 2.763 orang tewas setelah dua pesawat menabrak menara kembar. Angka itu termasuk 343 petugas pemadam kebakaran dan paramedis, 23 petugas polisi Kota New York dan 37 petugas polisi Otoritas Pelabuhan yang berjuang untuk menyelesaikan evakuasi gedung dan menyelamatkan pekerja kantor yang terjebak di lantai yang lebih tinggi.

Di Pentagon, 189 orang tewas, termasuk 64 orang di American Airlines 77, pesawat yang menabrak gedung. Pada Penerbangan 93, 44 orang tewas ketika pesawat itu mendarat di Pennsylvania.

4 dari 4 halaman

Korban yang Terlupakan

Ahmad Naser datang ke Kabul untuk melarikan diri dari Taliban. Pria berusia 30 tahun itu pernah menjadi penjaga di Camp Lawton militer Amerika, di Herat, dan telah mengajukan Visa Imigran Khusus Amerika Serikat untuk meninggalkan negara itu, mengingat adanya risiko pembalasan.

Pada sore hari tanggal 29 Agustus 2021, sehari sebelum pesawat militer Amerika terakhir meninggalkan Afghanistan, sebuah pesawat tak berawak AS 'menerangi' Khwaja Burga, sebuah distrik padat penduduk di Kabul.

Serangan itu menewaskan total 10 warga sipil, termasuk Naser dan tujuh anak-anak, menurut anggota keluarga. Mereka dilaporkan datang ke luar untuk menyambut kerabat Zemari Ahmadi, yang juga terbunuh, yang bekerja dengan kelompok bantuan AS mendistribusikan makanan kepada para pengungsi.

AS awalnya memuji serangan itu karena "menghilangkan ancaman ISIS-K yang akan segera terjadi", menambahkan bahwa tidak ada indikasi kematian warga sipil di lingkungan perumahan yang baru saja terkena rudal.

Komando Pusat AS (CENTCOM) mengeluarkan pembaruan, dengan mengatakan, "Tidak jelas apa yang mungkin terjadi, dan kami sedang menyelidiki lebih lanjut".

Jika itu benar, Ahmad Naser kemungkinan besar akan dilupakan oleh AS, di mana sejumlah besar warga sipil yang dibunuh oleh orang Amerika masih jauh di luar pemahaman populer tentang peristiwa 9/11. Pada hari itu, 2.977 orang terbunuh, dan Amerika Serikat telah membalaskan dendamnya pada orang-orang tak berdosa ini ratusan kali lipat.

Pasukan dan operasi Amerika telah membunuh lebih dari 350.000 warga sipil sejak itu.

Tetapi baik masyarakat, maupun keluarga korban, kemungkinan besar tidak akan pernah mendapatkan laporan lengkap tentang kematian tersebut.

Zona Perang

Pemerintah Amerika Serikat menghindari akuntabilitas 'Perang Melawan Teror', secara eksplisit menolak untuk menghitung jumlah korban jiwa di Afghaistan dan setengah hati berkomitmen untuk transparansi.

Setiap tahun, Amerika dan dunia berduka atas mereka yang hilang dalam kekejaman 9/11. Namun 20 tahun kemudian, kita masih tidak tahu berapa banyak orang lain yang harus berduka bersama mereka atas kekejaman yang terjadi selanjutnya.

Lebih dari 363.000 warga sipil tewas dalam Perang Melawan Teror, menurut perkiraan dari Brown University. Serangan udara AS sendiri telah menewaskan sebanyak 48.308 warga sipil, menurut pemantau konflik Airwars.

Dan berkali-kali lebih banyak orang terbunuh setelah pertempuran berakhir. Secara kumulatif, jumlah kematian warga sipil secara keseluruhan bisa sangat jauh melebihi 1 juta orang, bila memperhitungkan kematian tidak langsung akibat perang yang berasal dari infrastruktur dan rumah sakit yang hancur, penyakit, dan pengungsian, kata Crawford, profesor ilmu politik Universitas Boston yang mengarahkan Proyek Costs of War, kepada The Independent.

Karena Afghanistan, Irak, Suriah, Pakistan, dan Yaman masuk dalam hitungan zona medan perang pasca-9/11 -- di mana AS telah meluncurkan lebih dari perkiraan 90.000 serangan -- upaya dari para peneliti untuk menghitung korban tewas sangatlah sulit.

"Akan sangat sulit sampai tempat-tempat tersebut untuk mengetahui jumlah pastinya," kata Crawford.

Rintangan terbesar adalah pemerintah AS itu sendiri. Setelah bertahun-tahun agitasi dari keluarga, kelompok hak asasi, dan jurnalis, militer AS mulai mengungkapkan secara terbuka berapa banyak warga sipil yang dibunuhnya setiap tahun pada tahun 2018, tetapi secara teratur meremehkan angka itu hingga hampir tidak relevan.

Investigasi New York Times, misalnya, menemukan bahwa selama kampanye udara melawan ISIS di Irak, 31 kali lebih banyak warga sipil terbunuh daripada yang diakui secara resmi.

"Mereka tidak berbicara dengan saksi lokal," kata Aisha Dennis dari Reprieve, sebuah organisasi hak-hak sipil yang mengadvokasi korban serangan pesawat tak berawak.

"Semua alat investigasi dasar yang biasanya Anda gunakan untuk mencari tahu apa yang terjadi di TKP atau ketika seseorang terbunuh secara normal, mereka tidak menggunakannya."

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.