Sukses

Titanokorys Gainesi, Fosil 'Raksasa' Berusia 500 Juta Tahun yang Ditemukan di Kanada

Fosil langka berusia 500 juta tahun telah ditemukan di pegunungan Rocky, Kanada.

Liputan6.com, Ottawa - Para peneliti di Kanada telah menemukan fosil makhluk tidak biasa yang kemungkinan besar adalah raksasa dibandingkan dengan kehidupan laut kecil 500 juta tahun yang lalu.

Radiodonta, sekelompok artropoda primitif, yang tersebar luas setelah peristiwa ledakan Kambrium 541 juta tahun yang lalu itu adalah masa ketika banyak organisme tiba-tiba muncul di Bumi, berdasarkan catatan fosil.

Melansir Nine News, Kamis (9/9/202), fosil yang baru ditemukan itu termasuk dalam jenis Titanokorys gainesi, sebuah radiodonta yang panjangnya mencapai setengah meter. 

Radiodonta ini sangat besar jika dibandingkan dengan makhluk laut lainnya yang seukuran jari kelingking.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk yang Membingungkan

Fosil itu ditemukan di batuan Kambrium dari Taman Nasional Kootenay, yang terletak di Pegunungan Rocky Kanada. Sebuah studi yang merinci fosil itu diterbitkan pada hari Rabu di jurnal Royal Society Open Science.

"Ukuran tipis hewan ini benar-benar membingungkan, ini adalah salah satu hewan terbesar dari periode Kambrium yang pernah ditemukan," kata penulis studi Jean-Bernard Caron, yang merupakan Kurator Paleontologi Invertebrata Richard M Ivey dari Museum Royal Ontario.

Titanokorys akan menjadi hewan yang membingungkan untuk ditemui, karena dia memiliki mata yang beraneka ragam, mulut yang berbentuk seperti irisan nanas yang dilapisi gigi, dan cakar berduri yang terletak di bawah kepalanya untuk menangkap mangsa.

 

Reporter: Cindy Damara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini