Sukses

Pilot Ini Pecahkan Rekor Dunia Terbang 245 Km/Jam Melalui Terowongan

Dario Costa, pilot akrobat asal Italia yang berhasil menciptakan Guinness World Record atau Rekor Dunia Guinness dengan kecepatan penerbangan 245 km/jam melalui terowongan.

Liputan6.com, Marmara - Seorang pilot akrobat asal Italia baru saja menciptakan Rekor Dunia Guinness, dengan menerbangkan pesawat yang telah dimodifikasi khusus sejauh 1,4 mil atau setara dengan 245 km/jam melalui terowongan di Turki.

Dikutip dari UPI, Kamis (9/9/2021), Dario Costa yang kini berusia 41 tahun menggunakan pesawat balap jenis Zivko Edge 540 yang dimodifikasi untuk penerbangan 245 km/jam melalui twin Catalca tunnels (terowongan kembar Catalca) di sepanjang Jalan Raya Marmara Utara di Turki.

Penerbangan tersebut menetapkan Rekor Dunia Guinness untuk terowongan terpanjang yang dilalui dengan pesawat.

 

Costa mengatakan penerbangan selama 43,44 detik yang tercatat di Guinness World Record ini membutuhkan persiapan sekitar satu tahun untuk berlatih. Hal ini mengukir babak baru dalam sejarah penerbangan di dunia.

"Saya belum pernah terbang di terowongan selama hidup saya, saya tidak pernah melakukannya... jadi saya selalu memikirkan apakah semuanya akan berjalan seperti yang diharapkan," ucap Costa kepada Red Bull, yang mensponsori acara tersebut.

"Tentu saja sangat melegakan, tetapi kebahagiaan adalah emosi utama yang saya rasakan. Bagi saya, ini adalah mimpi lain yang menjadi kenyataan." tambahnya.

Dalam penerbangan Tunnel Pass atau terbang lintas terowongan di Turki, Costa melakukan lepas landas yang rumit pada saat di terowongan pertama. Ia harus melintas melalui celah terbuka, kemudian melanjutkan penerbangan 245 km/jam melalui terowongan kedua dengan ketinggian kurang dari 1 meter dari aspal.

 

Penulis : Vania Dinda Marella

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.