Sukses

Turki Kirim 50 Set Ventilator dan 600 Ribu Boks Obat Senilai Rp 100 M Lebih ke Indonesia

Alat-alat kesehatan dari pemerintah Turki beserta obat-obatan​ akan disalurkan ke sejumlah fasilitas kesehatan yang memerlukan di berbagai wilayah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Bantuan asing untuk Indonesia menghadapi pandemi Virus Corona COVID-19 kembali diterima. Kali ini dari Turki.

Pemerintah Turki mendukung Pemerintah RI dalam penanganan pandemi Virus Corona COVID-19 di Indonesia melalui bantuan alat-alat kesehatan. Terdiri dari 50 set ventilator dan 600.000 boks obat-obatan senilai lebih dari Rp 100 miliar, yang tiba di Bandara Soekarho-Hatta pada Minggu sore 8 Agustus 2021.

Menurut informasi dari situs Kementerian Luar Negeri yang dikutip Selasa (10/8/2021), Charge d'affaires Kedutaan Besar Turki untuk Indonesia, Burak Ali Karacan mewakili Pemerintah Turki menyerahkan dukungan tersebut secara langsung kepada wakil dari Kementerian Kesehatan RI dan disaksikan wakil dari Kementerian Luar Negeri.

Alat-alat kesehatan beserta obat-obatan​ tersebut akan disalurkan ke sejumlah fasilitas kesehatan yang memerlukan di berbagai wilayah di Indonesia.

Dukungan ini menunjukkan hubungan persahabatan dan kerja sama bilateral kedua negara yang semakin kuat.

Indonesia dan Turki akan memperingati 71 tahun hubungan diplomatik pada tahun 2021.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambahan Bantuan dari Amerika

Belum lama ini, pemerintah Amerika Serikat kembali memberikan bantuan kepada Indonesia untuk menghadapi pandemi Virus Corona COVID-19.

Hari ini pihaknya mengumumkan bantuan mendesak senilai 30 juta dolar AS untuk membeli oksigen tambahan, berkolaborasi terkait cara meningkatkan produksi oksigen lokal, serta menyediakan obat-obatan untuk merawat pasien COVID-19 dan menyelamatkan nyawa.

Bantuan yang disalurkan melalui Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) ini akan meningkatkan pelaksanaan program vaksinasi dengan mendukung penyediaan rantai dingin yang kuat untuk distribusi, mendukung kesiapan fasilitas vaksinasi, serta membantu menyebarluaskan informasi kesehatan dalam rangka mengedukasi masyarakat untuk menurunkan keraguan terhadap vaksin.

"Kami tetap berkomitmen terhadap kemitraan dengan pemerintah dan rakyat Indonesia di masa sulit ini. Bantuan kami akan membantu memastikan bahwa lebih banyak orang divaksin dan dilindungi dari penyakit mematikan ini dan memperkuat fasilitas kesehatan sehingga memungkinkan mereka untuk terus memberikan perawatan dan pelayanan kritis untuk pasien COVID-19," ujar Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim seperti tertuang dalam keterangan tertulis, Selasa (3/8/2021).

"Dukungan ini menambah bantuan kami sebelumnya untuk penyediaan vaksin, meningkatkan pengujian dan pelacakan, meningkatkan perawatan, serta memberikan hasil yang akurat dan tepat waktu tentang informasi pandemi agar semua orang tetap aman."

Dukungan tambahan melalui American Rescue Plan Act ini meningkatkan total bantuan COVID-19 dari AS untuk Indonesia menjadi sekitar 77 juta dolar dalam bentuk pendanaan, perlengkapan, dan dukungan teknis sejak awal pandemi COVID-19. 

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.