Sukses

Berdalih Biasa Cium Orang, Gubernur New York Andrew Cuomo Bantah Isu Pelecehan

Liputan6.com, New York City - Gubernur New York, Andrew Cuomo, menolak mundur meski dituduh melakukan pelecehan seksual. Tuduhan itu telah diverifikasi oleh Kejaksaan Agung New York dan Presiden AS Joe Biden telah memintanya mundur.

Namun, Gubernur Cuomo menyatakan dirinya memang biasa bersikap touchy. Ia berdalih sering mencium banyak orang, salah satunya karena ingin akrab. Kumpulan foto saat ia mencium orang juga ditampilkan.

"Saya melakukan gestur itu di depan umum sepanjang hidup saya. Saya sebetulnya mempelajari itu dari ibu dan ayah saya. Itu diartikan untuk menyampaikan kehangatan, tak ada dalih lain," ujar Gubernur Cuomo dalam pernyataan resmi, dikutip Kamis (5/8/2021).

"Tentunya ada ratusan, bila tidak ribuan foto-foto saya melakukan gestur tersebut. Saya melakukannya dengan semua orang. Hitam dan putih, muda dan tua, straight dan LGBTQ, orang-orang berkuasa, sahabat, orang asing yang saya temui di jalan setelah ada event," lanjutnya.

Gubernur Cuomo lantas menyorot fotonya di New York Times ketika mencium seorang wanita muda di sebuah pernikahan dan wanita itu protes. Terkait itu, Gubernur Cuomo mengaku menyesal.

Ia mengaku sadar bahwa ada perbedaan generasi yang belum ia pahami.

"Saya sekarang paham ada perspektif generasi atau budaya yang sejujurnya belum saya hargai betul. Dan saya telah belajar tentang ini," ucap Cuomo.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tak Ada Niat Mundur

Dalam pernyataan resminya, Gubernur Andrew Cuomo tidak menyentuh dorongannya untuk mundur dari jabatannya. Cuomo berkata akan fokus pada COVID-19 saja. 

"Saya tidak akan terdistraksi dari pekerjaan itu," ujar Gubernur Cuomo. "Kita masih harus mengurus binatang COVID. Ini belum mati. Ini belum selesai," kata dia.

Andrew Cuomo merupakan anak dari Mario Cuomo yang pernah menjadi gubernur New York pada 1983-1994.

Pada 2020, Gubernur Cuomo sempat menjadi "rising star" atas kepemimpinannya melawan COVID-19 di New York. Ia sempat diwawancara oleh Trevor Noah dan Jimmy Fallon.

Andrew Cuomo juga pernah viral karena diwawancara adiknya sendiri, Chris Cuomo, yang merupakan pembawa berita di CNN. Mereka terkadang wawancara sambil bercanda.

Skandal demi skandal lantas muncul, mulai dari kebijakan Cuomo yang menyuruh lansia dirawat di nursing home, sehingga berkontribusi pada naiknya kematian lansia. Ia pun ketahuan menyembunyikan angka kematian di nursing home. Kini, muncul tuduhan pelecehan.

3 dari 3 halaman

Infografis COVID-19: