Sukses

5 Fakta Tom Daley yang Disorot Merajut Saat Olimpiade Tokyo 2020

Liputan6.com, Jakarta - Nama Tom Daley sedang menjadi sorotan lantaran merajut di tengah perlombaan Olimpiade Tokyo berlangsung, tepatnya pada final loncat indah tiga meter putri, Minggu 1 Agustus 2021.

Thomas Robert Daley atau yang lebih dikenal dengan Tom Daley merupakan seorang penyelam Inggris berusia 27 tahun.

Ia memulai menyelam ketika usianya 7 tahun, kini Tom menjadi atlet nasional loncat indah. Berikut ini 5 fakta Tom Daley, dikutip dari The Fact Site, Hello Magazine dan BBC, Selasa (3/08/2021):

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Hobi Merajut

Beredar foto Tom yang sedang merajut saat Olimpiade Tokyo 2020 digelar. Fotonya menjadi viral karena dibalik ketegangan perlombaan final loncat indah putri, Tom fokus dengan jarum dan benangnya di tribun penonton.

“Satu hal yang membuat saya tetap waras selama seluruh proses ini adalah kecintaan saya pada merajut dan merenda dan semua hal tentang menjahit,” tulis Tom dalam unggahan Instagram miliknya (@madewithlovebytomdaley).

Ia membuat sebuah kantong kecil yang ia rajut untuk menyimpan medali emasnya. Kantong tersebut memiliki dua sisi, sisi pertama dengan pola bendera Inggris, dan sisi lainnya dengan pola bendera Jepang.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Tom Daley (@madewithlovebytomdaley)

3 dari 6 halaman

2. Peraih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

Dibalik hobi merajutnya, Tom memiliki segudang prestasi dibidang loncat indah. Pada 26 Juli 2021, Tom bersama rekannya Matty Lee berhasil menyingkirkan lawan asal China, Cao Yuan dan Chen Aisen.

Keduanya  menduduki peringkat pertama di nomor sinkronisasi Menara 10 meter putra dan berhasil membawa medali emas untuk Inggris.

Awal kariernya terlihat ketika ia menduduki peringkat ke-63 dalam 100 Atlet Olimpiade Time To Watch pada 2008.

Kemudian disusul, pada 2009, ia menjadi Juara Dunia FINA dengan jarak perlombaan 10 meter ketika usianya 15 tahun.

Di Commonwealth Games 2010, dua medali emas berhasil diperolehnya dan membanggakan nama Inggris. Terakhir, ia pernah berpatisipasi dalam ajang Olimpiade London 2012 dan memperoleh medali perunggu.

4 dari 6 halaman

3. Memiliki Tato Olimpiade

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Tom Daley (@tomdaley)

Tom memiliki tato bergambar lima cincin olimpiade di bisep kanannya. Pada usia menginjak 18 tahun, ia membuat tato bergambarkan olimpiade.

Tato ini merupakan hadiah dari ibunya, Debbie. Tampaknya Debbie melihat prestasi yang ditampilkan oleh Tom.

Tom mengatakan bahwa ia sangat menyukai tato barunya, dan tidak menyangka jika sang ibu memberikan hadiah untuk mendapatkan tato olimpiade.

5 dari 6 halaman

4. Menikah Dengan Penulis Naskah

Pada 2013, Tom mengunggah video di Youtube yang mengungkapkan bahwa dia adalah biseksual dan telah menjalin hubungan serius dengan seorang pria. Video ini ditonton lebih dari 10 juta dalam waktu satu bulan setelah diunggah.

Kemudian, pada 2017, Tom menikah dengan penulis naskah, seorang sutradara, dan sekaligus aktivis hak-hak LGBT Amerika, Dustin Lance Black. Keduanya bertemu di Kids Choice Awards di LA pada 2013.

6 dari 6 halaman

5. Memiliki Seorang Putra

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Tom Daley (@tomdaley)

Tom dan Lance sepakat untuk memiliki anak. Pada awal 2018, mereka mengumumkan bahwa mereka mengharapkan bayi melalui ibu pengganti.

Doa mereka terkabulkan, pada bulan Juni, mereka menyambut putranya yang diberi nama Robert “Robbie” Ray Black-Daley.

“Seperti pasangan lain, kami hanya ingin menjadi orang tua terbaik,” ungkap Tom.

Tom merupakan sosok ayah yang sangat menyayangi putranya. Seringkali ia mengunggah foto bersama anaknya di akun media sosialnya (@tomdaley). 

 

Reporter: Cindy Damara