Sukses

Amerika Serikat Gelar Diskusi dengan Rusia, Fokus Bangun Stabilitas Hubungan

Liputan6.com, Jenewa - Amerika Serikat mengatakan pada Rabu (28/7) bahwa pihaknya telah mengadakan pembicaraan "profesional dan substantif" dengan Rusia yang berfokus pada pengendalian senjata, ketika kedua perwakilan negara bertemu di Jenewa dalam upaya baru untuk membawa stabilitas penuh ke hubungan kedua negara. 

Pembicaraan tertutup itu merupakan tindak lanjut dari pertemuan puncak bulan lalu, yang juga diadakan di pusat diplomatik Swiss, antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Joe Biden, yang keduanya menggambarkan pertemuan pertama mereka sebagai pertemuan yang jujur.

Mengutip Channel News Asia, Kamis (29/7/2021), Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman dan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov menyentuh siku dan mengenakan masker saat mereka membuka pembicaraan, menurut foto oleh misi AS di Jenewa.

"Diskusi di Jenewa profesional dan substantif," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price.

"Kami tetap berkomitmen, bahkan di saat ketegangan, untuk memastikan prediktabilitas dan mengurangi risiko konflik bersenjata dan ancaman perang nuklir," katanya dalam sebuah pernyataan.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Stabilitas Hubungan

Kedua belah pihak sepakat untuk bertemu lagi pada bulan September dan berbicara secara informal sampai saat itu ketika mereka menentukan topik untuk dikejar, tambahnya.

Para pejabat AS juga akan memberi pengarahan singkat kepada sekutu NATO tentang diskusi selama kunjungan ke Brussels, katanya.

Kementerian luar negeri Rusia dalam sebuah pernyataan mengatakan pembicaraan itu membahas "menjaga stabilitas strategis, prospek pengendalian senjata dan langkah-langkah untuk mengurangi risiko".

Ia menambahkan bahwa kedua belah pihak melihat "pengembangan kerja sama lebih lanjut".

Pembicaraan itu difokuskan pada pengendalian senjata, sebuah masalah yang tetap pelik tetapi merupakan satu bidang di mana pemerintahan Biden telah menunjukkan kesediaan untuk bekerja dengan Rusia, yang telah memperpanjang perjanjian START Baru tentang pengurangan persenjataan nuklir.

Bonnie Jenkins, yang satu minggu lalu dikukuhkan sebagai wakil menteri luar negeri untuk pengendalian senjata dan urusan keamanan internasional, ikut serta dalam pembicaraan itu, yang menurut Departemen Luar Negeri akan "meletakkan dasar bagi pengendalian senjata dan langkah-langkah pengurangan risiko di masa depan. ".

Ryabkov mengatakan kepada kantor berita Rusia pada hari Selasa bahwa pembicaraan akan memungkinkan Moskow untuk "memahami betapa seriusnya pola pikir rekan-rekan AS kami dalam hal membangun dialog yang terkonsentrasi dan energik dalam stabilitas strategis".

Namun dia menambahkan: "Saya tidak akan menaikkan standar ekspektasi."

Diplomasi itu terjadi di tengah ketegangan di berbagai bidang antara kedua negara, dengan Washington menyalahkan Moskow atas gelombang serangan siber, yang disangkal oleh Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.