Sukses

India Serah Terima Bantuan 300 Konsentrator Oksigen dan 100 MT Oksigen Medis Cair untuk Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Bantuan dari negara asing untuk Indonesia menghadapi pandemi COVID-19 --telah tiba lagi. Kali ini dari India.

Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti menyerahkan 100 MT Oksigen Medis Cair (Liquid Medical Oxygen) dan 300 Konsentrator Oksigen (Oxygen Concentrators) kepada Indonesia.

"Pengiriman ini telah tiba dari India, sebagai bagian dari bantuan kemanusiaan untuk membantu Indonesia dalam memerangi gelombang kedua pandemi COVID-19," jelas pihak Kedutaan Besar India di Jakarta dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/7/2021).

INS Airavat, Landing Ship Tank (LST) buatan dalam negeri Angkatan Laut India membawa bantuan dari Markas Komando Angkatan Laut Timur India-Visakhapatnam ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara dan tiba di Indonesia pada 24 Juli 2021. Menteri Luar Negeri India, Dr. S Jaishankar mencatat bahwa India berdiri bersama mitranya dalam memerangi COVID-19.

Dalam sebuah upacara sederhana, Duta Besar menyerahkan bantuan medis tersebut kepada Dr. Eka Jusup Singka, Kepala Pusat Krisis Kementerian Kesehatan RI di hadapan para pejabat Kementerian Luar Negeri RI, TNI AL, dan PT Pertamina.

Duta Besar Manoj menyatakan kepuasannya bahwa India dapat membantu sahabat baiknya Indonesia. Ia menegaskan kembali pentingnya persahabatan erat India dengan mitra lama dengan mengulangi kata-kata Presiden Indonesia, Bapak Joko Widodo terhadap India-

"Teman yang ada saat dibutuhkan adalah teman yang sebenarnya,” kata Dubes Manoj.

Ia pun berharap, bantuan dari India ini dapat berperan dalam penanganan krisis COVID-19 di Indonesia.

 

2 dari 3 halaman

Terima Kasih India

Dr. Eka Jusup Singka menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah India yang telah membantu Indonesia dengan mengirimkan bantuan medis esensial berupa Oksigen Medis Cair (Liquid Medical Oxygen) dan Konsentrator Oksigen (Oxygen concentrators).

Bantuan ini merupakan bentuk dukungan dan solidaritas dari masyarakat dan Pemerintah India terhadap Indonesia yang telah mengambil langkah proaktif dalam penanganan pandemi COVID-19.

Bantuan ini juga mewakili hubungan baik kedua negara.

India tetap berkomitmen menjalin kemitraan dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk tidak hanya mengatasi situasi pandemi, tetapi juga di berbagai sektor kerja sama lainnya.

Beberapa waktu lalu, Menko Perekonomian yang juga Ketua KPC PEN, Airlangga Hartarto berterima kasih pada Pemerintah India atas kiriman bantuan tersebut.

Sebelumnya, Indonesia telah memberikan dukungan oksigen ke India ketika negara tersebut sedang terhuyung-huyung di bawah krisis gelombang kedua COVID-19.

"Friend in need is the friend indeed, teman yang ada saat dibutuhkan adalah teman sebenarnya," ujar Airlangga saat dihubungi media lewat layanan pesan, Rabu (21/7/2021).

Ketika India dilanda krisis tabung oksigen untuk menghadapi lonjakan kasus Covid 19 gelombang kedua, Indonesia adalah salah satu negara yang memberikan bantuan medis berupa 3.400 unit tabung oksigen ke India. Bantuan tersebut dilepas oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Kita menjadi kawan di kala senang dan susah. Ini juga sebagai pengingat dalam menghadapi pandemi kita harus menguatkan solidaritas dan bergandengan tangan agar pandemi bisa lebih mudah dihadapi dan segera diakhiri,” kata Airlangga saat melepas pengiriman bantuan untuk India bulan Mei lalu.

Airlangga mengatakan selama ini, India juga telah banyak membantu Indonesia dalam memenuhi suplai vaksin Astra Zeneca yang diproduksi di negara tersebut melalui fasilitas multilateral COVAX.

3 dari 3 halaman

Infografis Waktu Tepat Tes Swab dan Mengulangi bila Hasilnya Negatif COVID-19