Sukses

WHO Peringatkan Krisis di Timur Tengah Akibat Lonjakan Kasus COVID-19

WHO memperingatkan risiko yang besar di beberapa negara Timur Tengah akibat lonjakan kasus COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa lonjakan kasus Virus Corona di beberapa negara Timur Tengah dapat memiliki konsekuensi yang mengerikan, ditambah dengan adanya penyebaran COVID-19 varian Delta dan ketersediaan vaksin yang rendah.

Setelah penurunan kasus dan kematian akibat COVID-19 di wilayah Mediterania Timur selama delapan minggu, WHO mengatakan telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam kasus infeksi di Libya, Iran, Irak dan Tunisia, seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (15/7/2021).

Adapun kenaikan tajam kasus COVID-19 diperkirakan terjadi di Lebanon dan Maroko.

Pekan depan, negara-negara di seluruh Timur Tengah akan menyambut liburan Idul Adha, yang secara tradisional mencakup pertemuan keagamaan dan sosial di mana COVID-19 berisiko dapat menyebar.

"WHO khawatir bahwa peningkatan COVID-19 saat ini dapat terus memuncak dalam beberapa pekan mendatang, dengan konsekuensi bencana," kata kantor regional WHO dalam sebuah pernyataan.

"Kurangnya kepatuhan terhadap kesehatan masyarakat dan langkah-langkah penjagaan jarak, juga meningkatnya kepuasan, serta tingkat vaksinasi yang rendah dan penyebaran varian baru, adalah salah satu penyebab," sebut WHO.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kasus COVID-19 di Mediterania Timur - Timur Tengah Lampaui 11,4 Juta

WHO menyoroti Tunisia sebagai negara dengan tingkat kematian per kapita tertinggi akibat COVID-19 di kawasan dan di Afrika, dan mencatat bahwa kasus harian di Iran mencapai hampir dua kali lipat selama empat pekan hingga awal Juli 2021.

Secara keseluruhan, jumlah kasus COVID-19 yang dilaporkan di wilayah Mediterania Timur, yang meliputi Pakistan, Afghanistan, Somalia dan Djibouti serta negara-negara Timur Tengah, telah melampaui 11,4 juta, kata pernyataan WHO.

Lebih dari 223.000 kematian telah dilaporkan, tambah WHO.

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Ketahui Perbedaan Gejala COVID-19 Varian Alpha, Beta dan Delta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.