Sukses

Sambutan Dubes AS atas Datangnya 3 Juta Dosis Vaksin Moderna di Indonesia

Indonesia telah menerima kiriman 3 juta dosis vaksin COVID-19 Moderna dari Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia telah menyambut kedatangan vaksin COVID-19 tahap ke-20 - sumbangan 3 juta dosis vaksin Moderna dari Amerika Serikat

Vaksin Moderna itu, tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Minggu (11/7).

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Y. Kim turut menyampaikan sambutannya atas datangnya vaksin Moderna tersebut. 

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin atas kepemimpinan dan kemitraan yang berkelanjutan saat kita bersama-sama melawan pandemi ini," tutur Dubes Sung Y. Kim dalam siaran langsung penerimaan vaksin Moderna dari AS, yang disiarkan di laman Youtube Sekretariat Presiden pada Minggu (11/7/2021).

"Atas nama pemerintah dan masyarakat Amerika Serikat, saya dengan senang hati mengucapkan selamat kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia atas kedatangan 3 juta dosis vaksin COVID-19 buatan Moderna. Satu juta dosis lainnya akan segera dikirimkan," katanya.

Dubes Sung Y. Kim melanjutkan, bahwa pengiriman vaksin ini merupakan kontribusi AS dan bagian dari COVAX Advance Market Commitment, sebuah inisiatif global yang penting untuk mendukung akses vaksin COVID-19 yang adil.  

Disebutkannya juga bahwa, Indonesia saat ini telah menerima lebih dari 11,2 juta dosis melalui COVAX.  

"Saat Virus Corona terus menyebar di seluruh dunia, dan dengan munculnya varian-varian baru, memvaksin sebanyak mungkin manusia – dan secepat mungkin – menjadi langkah yang sangat penting untuk mencegah penyakit serius, rawat inap, dan kematian," imbuh Dubes Sung Y. Kim.

"Seperti yang Menteri tekankan, laju penyebaran penyakit ini yang begitu cepat telah memperlihatkan kepada kita bahwa tidak ada satu bangsa pun yang bisa bertindak sendirian untuk melawan pandemi global," tambahnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komitmen AS pada Indonesia

Dubes AS Sung Y. Kim menyampaikan, bahwa "Amerika Serikat berkomitmen untuk melindungi nyawa orang-orang di Indonesia dengan bermitra dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk meningkatkan upaya vaksinasi".

AS bahkan mempercepat akses global terhadap vaksin COVID-19 yang aman dan efektif melalui kontribusi bersejarah senilai 4 miliar dolar AS kepada Aliansi Vaksin, Gavi.  

"Kontribusi ini mendukung pembelian dan pengiriman vaksin COVID-19 ke 92 negara, termasuk Indonesia, melalui Gavi COVAX Advance Market Commitment," kata Dubes Sung Y. Kim.

Selain itu, Presiden Biden juga telah mengumumkan rencana untuk mengirimkan 80 juta dosis vaksin COVID-19 yang aman dan efektif ke negara-negara yang membutuhkan di seluruh dunia.  

"Indonesia akan menerima bagian dari vaksin tersebut. Rencana Presiden Biden untuk menyumbangkan 80 juta dosis mencakup lebih dari 23 juta untuk Asia, sebuah upaya yang akan menjaga kawasan -- dan Indonesia – tetap aman. Jadi, saya menantikan lebih banyak dosis vaksin yang datang ke Indonesia dari AS dalam beberapa bulan ke depan," ungkap Dubes Sung Y. Kim.

"Hingga saat ini, Amerika Serikat juga telah menginvestasikan hampir 36 juta dolar untuk mendukung upaya Indonesia mengurangi penularan COVID-19, meningkatkan pengujian dan pengobatan, serta memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu mengenai pandemi untuk menjaga semua orang terlindungi dari penyakit tersebut," paparnya.

Tak hanya vaksin COVID-19, Dubes Sung Y. Kim menyatakan, Amerika Serikat juga menyediakan 1.000 unit ventilator yang saat ini digunakan di lebih dari 600 fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia.  

"Kami sangat berharap dapat bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk menemukan bidang kerja sama lainnya untuk membangun Indonesia yang lebih aman dan sejahtera. Terima kasih," tutur Dubes Sung Y. Kim, dalam akhir pernyataannya.

3 dari 3 halaman

Infografis Sudah Vaksinasi COVID-19? Jangan Kendor 5M!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.