Sukses

Kisah Pemakaman Abu Kapten Sir Tom Moore, Sang Pencari Dana Amal Rp 600 M

Kapten Sir Tom Moore meninggal di usia 100 tahun pada 2 Februari 2021. Abunya kini baru dimakamkan.

Liputan6.com, Yorkshire - Abu Kapten Sir Tom Moore telah dimakamkan bersama orangtua dan kakek-neneknya di kuburan keluarganya di Yorkshire, Inggris.

Perwakilan dari NHS, Royal British Legion, Scouts, Guides, dan kelompok lainnya berbaris di jalanan Morton Cemetery, Riddlesden, Keighley untuk memberi penghormatan terakhir.

"Sudah kubilang aku sudah tua," demikian bunyi tulisan yang digoreskan pada nisan Kapten Sir Tom Moore, seperti dikutip dari BBC, Jumat (9/7/2021).

Tulisan itu sesuai dengan permintaan terakhirnya.

Kapten Sir Tom Moore merupakan veteran Perang Dunia Kedua (PD II). Sosoknya dikenal setelah mengumpulkan lebih dari 32 juta pound sterling atau sekitar 600 miliar rupiah untuk NHS, dengan berjalan di sekitar kebunnya selama Inggris lockdown tahun lalu.

Banyak orang yang berduka atas kematian Kapten Sir Tom Moore pada 2 Februari lalu. Pun demikian saat pemakaman abunya.

Upacara singkat dilakukan oleh Pendeta Kota Keighley, Pendeta Dr Jonatan Pritchard dan dihadiri oleh anak-anak, cucu, dan anggota keluarga Sir Tom lainnya yakni Letnan West Yorkshire, Ed Anderson.

Putri Sir Tom, Hannah Ingram-Moore, mengatakan bahwa ia sangat bangga menjadi bagian dari keluarga Keighley.

"Tidak masalah di mana ia berada, ini masih rumahnya," kata Ingram.

"Agar dia kembali ke sini di tangan dan pelukan komunitas lokal ini, saya tahu itu membuatnya sangat bahagia, jadi kami juga sangat bahagia."

Pendeta Pritchard juga mengatakan bahwa itu adalah "hak istimewa yang luar biasa" untuk melakukan acara tersebut. "Ia adalah pria luar biasa yang membuat perbedaan nyata yang signifikan dalam kehidupan bangsa kita," jelasnya.

"Ia mengangkat semangat kami dan mengangkat visi kami tentang apa yang mungkin.Jadi, saya sangat, sangat tersentuh untuk bisa berada di sini di akhir dan melakukan ini."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meninggal di Usia 100 setelah Positif COVID-19

Sir Tom lahir dan besar di Kota West Yorskhire sebelum melayani Resimen Duke of Wellington selama Perang Dunia Kedua.

Resimen itu kemudian bergabung dengan dua lainnya menjadi Resimen Yorkshire dan Sir Tom diangkat menjadi kolonel kehormatan Agustus lalu.

Selama lockdown pertama, ia berjalan seratus putaran di taman Bedfordshire sebelum ulang tahunnya yang ke-100 untuk membantu badan amal NHS.

Sir Tom dianugerahi gelar bangsawan atas upaya penggalangan dana oleh Ratu selama upacara terbuka yang unik di Kastil Windsor pada musim panas 2020.

Ia meninggal pada usia 100 di RS Bedford pada 2 Februari 2021 setelah dinyatakan positif COVID-19.

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Cegah Covid-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini