Sukses

2 Orang Tewas Akibat Tanah Longsor di Jepang, Pencarian Korban Masih Dilakukan

Evakuasi korban hilang masih terus dilakukan pada Minggu 4 Juli 2021 menyusul bencana tanah longsor akibat hujan lebat di Atami, Jepang tengah akhir pekan ini.

Liputan6.com, Atami - Evakuasi korban hilang masih terus dilakukan pada Minggu 4 Juli 2021 menyusul bencana tanah longsor akibat hujan lebat di Atami, Jepang tengah akhir pekan ini.

Dua orang telah dikonfirmasi tewas setelah bencana di resor mata air panas Atami di Jepang tengah, dengan 10 orang diselamatkan dan sekitar 20 masih hilang, kata seorang pejabat pemerintah setempat.

Derasnya lumpur menerjang sebagian kota pada Sabtu pagi setelah berhari-hari hujan lebat, menyapu rumah-rumah lereng bukit dan mengubah daerah perumahan menjadi paya yang membentang ke pantai terdekat.

"Kami melanjutkan operasi penyelamatan di pagi hari dengan sekitar 1.000 penyelamat, termasuk 140 pasukan," kata seorang pejabat prefektur Shizuoka kepada AFP, dikutip dari Channel News Asia, Minggu (4/7/2021).

"Kami berusaha sebaik mungkin untuk mencari korban selamat saat melaksanakan operasi dengan sangat hati-hati karena masih hujan."

Chieko Oki, yang bekerja di jalan perbelanjaan di Atami, mengatakan: "Tiang listrik besar di sini mengguncang seluruh tempat, dan tidak lama kemudian saya bertanya-tanya apa yang terjadi daripada lumpur sudah ada di sana dan di jalan di bawah juga."

"Saya benar-benar takut," kata pria berusia 71 tahun itu kepada AFP.

Korban selamat lainnya mengatakan kepada media Jepang dia telah mendengar "suara mengerikan" dan melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi karena pekerja darurat mendesak orang untuk mengungsi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Longsor

Kota ini, sekitar 90km barat daya Tokyo, melihat curah hujan 313mm hanya dalam 48 jam hingga Sabtu - lebih tinggi dari total bulanan rata-rata untuk Juli 242,5mm, menurut penyiar publik NHK.

Sebagian besar Jepang saat ini sedang dalam musim hujan tahunannya, yang berlangsung beberapa minggu dan sering menyebabkan banjir dan tanah longsor, mendorong otoritas setempat untuk mengeluarkan perintah evakuasi.

Para ilmuwan mengatakan perubahan iklim mengintensifkan fenomena itu karena suasana yang lebih hangat menampung lebih banyak air, mengakibatkan curah hujan yang lebih intens.

Pada tahun 2018, lebih dari 200 orang meninggal sebagai banjir dahsyat yang menggenangi Jepang barat.

Perdana Menteri Yoshihide Suga pada hari Sabtu memperingatkan warga untuk tetap waspada terhadap tanah longsor lebih lanjut yang dipicu oleh hujan.

NHK mengatakan 80 rumah telah hancur dalam lumpur, yang bisa mencapai sejauh 2km.

Peringatan evakuasi tertinggi, yang mendesak orang -orang "untuk segera mengamankan keselamatan", dikeluarkan setelah bencana di Atami, yang memiliki 20.000 rumah tangga, kata laporan.

Penduduk di banyak kota lain di Shizuoka juga telah diperintahkan untuk mengungsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.