Sukses

Misteri Sumur Neraka yang Dijuluki Penjara Para Jin di Yaman

Liputan6.com, Sanaa - Sebuah lubang besar menganga di tengah gurun di Provinsi Al-Mahra, Yaman. Dari kejauhan, liang itu terlihat gelap, kontras dengan lanskap kecokelatan di sekelilingnya.

Lebarnya diketahui 30 meter, tapi seberapa dalam, belum bisa dipastikan. Kisarannya antara 100 hingga 250 meter.

Nama asli lubang itu adalah Well of Barhout. Namun, orang lebih mengenalnya sebagai 'Well of Hell' atau Sumur Neraka.

Cerita rakyat setempat menyebut, lubang itu diciptakan sebagai penjara untuk membelenggu para jin. Entah ada atau tidak makhluk halus sungguhan di sana. Yang jelas, reputasi Sumur Neraka yang mengerikan ikut dipicu bau busuk yang menguar dari dalamnya.

Pemandangan udara yang diambil pada 6 Juni 2021 menunjukkan Sumur Barhout yang dikenal sebagai Sumur Neraka di gurun Provinsi Al-Mahra Yaman. Sumur Neraka lebih dekat ke perbatasan dengan Oman daripada ke Ibu Kota Sanaa yang berjarak 1.300 kilometer (800 mil). (AFP)

Bau menyengat itu juga bikin orang tak sanggup menjelajah lebih dalam. Direktur Jenderal Badan Geologi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Mahra, Salah Babhair mengaku, pihaknya tak tahu apa gerangan yang ada di dasar Sumur Barhout.

"Sangat dalam. Kami tak pernah mencapai dasar sumur itu. Hanya ada sedikit oksigen dan tak ada ventilasi," kata dia, seperti dikutip dari News.com.au, Selasa 22 Juni 2021.

2 dari 4 halaman

Ada Sesuatu yang Tak wajar

Bukan berarti upaya untuk menguak misteri Sumur Neraka tak pernah dilakukan. Pihak badan geologi beberapa kali mengunjunginya. Mereka bahkan nekat masuk ke dalamnya. Tapi baru sampai kedalaman 50-60 meter, petugas balik kanan. Menyerah.

"Kami menjumpai hal-hal aneh di dalamnya. Kami mencium sesuatu yang tak wajar. Situasinya misterius," tambah Babhair.

Pemandangan udara yang diambil pada 6 Juni 2021 menunjukkan gurun Provinsi Al-Mahra Yaman di mana Sumur Barhout yang dikenal sebagai Sumur Neraka berada. Lubang raksasa di gurun Provinsi Al-Mahra ini memiliki lebar 30 meter dan diperkirakan memiliki kedalaman antara 100-250 meter. (AFP)

Tidak ada yang tahu sejak kapan Sumur Neraka ada. Tiada saksi mata yang menyaksikan kemunculannya. Menurut Babhair, bisa jadi usianya berjuta-juta tahun.

"Dibutuhkan lebih banyak studi, penelitian, dan penyelidikan di lokasi-lokasi seperti itu," tambah dia.

3 dari 4 halaman

Mitos Tempat Tinggal Jin

Saking dalamnya, sinar matahari tak mampu menjangkau dasar Sumur Neraka. Hanya sedikit yang bisa diintip dari tepiannya. Yang kasat mata hanyalah burung-burung yang terbang, keluar masuk lubang.

Citranya yang misterius mengundang para pembuat konten video atau videografer datang ke sana. Mereka berniat mengabadikan penampakan close up dasar lubang. Namun, secanggih apapun kamera yang digunakan, hasilnya gagal. Nyaris tak ada apapun yang bisa direkam.

Beda dengan para ahli dan videografer, penduduk lokal takut mendekati Sumur Neraka. Bicara soal itu saja tak sudi.

Pemandangan udara yang diambil pada 6 Juni 2021 menunjukkan Sumur Barhout yang dikenal sebagai Sumur Neraka di gurun Provinsi Al-Mahra Yaman. Lubang raksasa di gurun Provinsi Al-Mahra ini memiliki lebar 30 meter dan diperkirakan memiliki kedalaman antara 100-250 meter. (AFP)

Selama berabad-abad, desas-desus menyebar soal makhluk gaib atau jin yang tinggal di Sumur Neraka. Kabar burung lain menyebut, lubang itu bisa menyedot apapun yang ada di dekatnya.

Barang siapa nekat dekat-dekat atau membicarakannya konon bakal sial. Nasibnya bakal buruk. Bahkan, katanya, kehidupan di muka Bumi bisa terancam.

4 dari 4 halaman

Pembawa Nasib Buruk?

Ini mungkin tak ada hubungannya. Tapi, Yaman, di mana Sumur Neraka berada, memang bernasib buruk.

Negara itu kini dilanda perang saudara sejak 2014. Kubu pemerintah berhadapan dengan pemberontak Houthi. Pertempuran berlangsung sengit. Keterlibatan pihak luar bikin konflik makin pelik.

Seorang pejuang Yaman yang didukung oleh koalisi pimpinan Arab Saudi menembakkan senjatanya selama bentrokan dengan pemberontak Houthi di garis depan Kassara dekat Marib, Yaman, 20 Juni 2021. (AP Photo/Nariman El-Mofty)

Malapetaka pun menimpa rakyat Yaman. Puluhan ribu orang tewas, jutaan lainnya dipaksa mengungsi. Menurut PBB, dua pertiga dari populasi negara itu, yang berjumlah 30 juta jiwa, bergantung nyawa pada bantuan dan belas kasih.

Yaman sedang menderita krisis kemanusiaan yang terburuk di dunia.

 

(Ein)