Sukses

Joe Biden Bertemu Putin di Jenewa, Bahas Nuklir Hingga Hubungan AS-Rusia

Presiden AS dan Presiden Rusia memuji pembicaraan mereka di Jenewa, meski masih ada beberapa perselisihan pendapat.

Liputan6.com, Jenewa -  Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin memuji pembicaraan mereka di Jenewa tetapi hanya membuat sedikit kemajuan nyata pada pertemuan pertama sejak 2018.

Ketidaksepakatan dinyatakan, kata Biden, tetapi tidak dengan cara yang hiperbolik, dan dia mengatakan bahwa Rusia tidak menginginkan Perang Dingin yang baru, seperti dilansir dari BBC, Kamis (17/6/2021).

Sementara itu, Putin mengatakan Biden adalah seorang negarawan berpengalaman dan keduanya "berbicara dalam bahasa yang sama".

Pembicaraan itu berlangsung sekitar tiga jam, lebih singkat dari yang dijadwalkan.

Namun, Biden menyampaikan, bahwa ia dan Putin tidak perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk berbicara dan sekarang ada prospek nyata untuk meningkatkan hubungan dengan Rusia.

Biden dan Putin juga sepakat untuk memulai dialog tentang pengendalian senjata nuklir.

Mereka juga mengatakan akan mengembalikan duta besar ke ibu kota masing-masing - utusan itu ditarik untuk konsultasi pada Maret 2021, setelah AS menuduh keterlibatan Rusia dalam pilpres 2020.

Sebagai hadiah untuk Putin, Biden membawakan kacamata hitam penerbang yang dibuat khusus, model yang digemari oleh presiden AS tersebut. Sementara itu, tidak diketahui secara jelas apakah Putin juga memberikan Biden hadiah.

Pada 2018, Putin memberikan mantan Presiden AS Donald Trump bola sepak setelah pertemuan di Helsinki, Finlandia.

Di sisi lain, hanya ada sedikit tanda kesepakatan tentang isu-isu lain, termasuk keamanan siber, Ukraina dan nasib pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny, yang saat ini menjalani hukuman dua setengah tahun.

Biden menyebut akan ada "konsekuensi yang besar" bagi Rusia jika Navalny meninggal di penjara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biden-Putin Akui Hubungan AS-Rusia Berada di Titik Terendah

Sebelum pertemuan itu, Biden dan Putin juga mengatakan bahwa hubungan AS-Rusia berada di titik terendah.

Putin mengisyaratkan kemungkinan kesepakatan tentang pertukaran tahanan, dengan mengatakan dia meyakini kompromi dapat dicapai.

Mengenai serangan dunia maya, Putin menepis tuduhan tanggung jawab Rusia, dengan mengatakan bahwa sebagian besar serangan dunia maya di Rusia berasal dari AS.

Biden mengatakan dia memberi tahu Putin bahwa infrastruktur penting, seperti air atau energi, harus "dilarang" untuk peretasan atau serangan lainnya.

"Saya menatapnya dan berkata bagaimana perasaan Anda jika ransomware mengambil jalur pipa dari ladang minyak Anda? Dia mengatakan itu penting," kata Biden. Ditambahkannya bahwa, jika Rusia melanggar "norma dasar" ini, AS akan menanggapi.

Biden dan Putin memiliki perbebedaan soal isu hak asasi manusia, termasuk hak untuk protes.

Putin mengesampingkan kekhawatiran AS tentang Navalny, yang baru-baru ini melakukan mogok makan selama 24 hari.

Putin menyebutkan bahwa Navalny telah mengabaikan hukum dan sudah mengetahui akan menghadapi hukuman penjara ketika dia kembali ke Rusia setelah menjalani perawatan medis di Jerman.

Diketahui, Navalny menuding dirinya diracun dengan racun saraf atas perintah Putin - tuduhan yang dibantah Putin.

3 dari 4 halaman

Pertemuan Biden dengan Pers di Jenewa

Ketika ditanya tentang alasan Rusia ingin bekerja sama dengan AS, Biden mengatakan hal itu berada "di tempat yang sangat, sangat sulit sekarang".

"Mereka ditekan oleh China. Mereka sangat ingin tetap menjadi kekuatan utama," sebut Biden, sesaat sebelum meninggalkan Jenewa.

Pada satu momen selama konferensi persnya, Biden dilaporkan tampak mengangguk saat menanggapi seorang reporter yang bertanya apakah dia mempercayai Putin.

Tetapi Gedung Putih menanggapi di Twitter dengan segera setelah Biden dilaporkan "sangat jelas tidak menanggapi satu pertanyaan, tetapi mengangguk sebagai pengakuan kepada pers secara umum".

4 dari 4 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.