Sukses

13 Juni 1967: PBB Tolak Desakan Uni Soviet agar Dunia Mengutuk Agresi Israel

Liputan6.com, New York - Dewan Keamanan PBB telah menolak tuntutan Uni Soviet untuk segera memberikan suara pada resolusi yang mengutuk agresi Israel dalam Perang Enam Hari.

Moskow - yang memiliki hubungan dekat dengan Mesir - juga menuntut penarikan pasukan Israel dari wilayah Arab, menyusul enam hari pertempuran di mana Israel telah membuat kemajuan di tiga front dua kali lipat dari luas tanah yang dikendalikannya, demikian seperti dikutip dari BBC On This Day, Minggu (13/6/2021).

Israel mengatakan serangan-serangan itu diluncurkan untuk melawan pergerakan pasukan Arab yang besar di sepanjang perbatasannya.

Mereka juga telah merebut Gaza Palestina dan Semenanjung Sinai dari Mesir di selatan dan Dataran Tinggi Golan dari Suriah di utara; serta mendorong pasukan Yordania keluar dari Tepi Barat Palestina dan Yerusalem Timur.

Pertempuran berakhir dengan gencatan senjata yang ditandatangani ketika pasukan Israel yang siap dalam jarak yang mencolok dari masing-masing ibu kota: Kairo di Mesir, Damaskus di Suriah dan Amman di Yordania.

Pada saat itu, tidak jelas tindakan apa yang akan diambil Moskow dalam menghadapi keraguan PBB. Sementara itu Dewan Keamanan telah menunda membuat keputusan tentang bagaimana menanggapi perang hingga keesokan harinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ribuan Orang Terpaksa Melarikan Diri

Israel telah menyatakan niatnya untuk tetap mengendalikan wilayah yang baru didudukinya sampai perdamaian permanen dengan tetangga Arabnya dapat didirikan.

Korban Israel setelah enam hari pertempuran dihitung pada 759 tewas dan sekitar 3.000 terluka, korban Arab jauh lebih tinggi, sekitar 15.000 orang.

Skala masalah pengungsi yang disebabkan oleh perang juga semakin nyata pada waktu-waktu berikutnya.

Komite Internasional Palang Merah kemudian membuat persiapan untuk membantu ribuan tentara Mesir terdampar di gurun Sinai setelah pertempuran pahit pada pekan sebelumnya. Persediaan air ke daerah itu terputus dengan harapan memperlambat kemajuan Israel.

Kota Gaza di Jalur Gaza melihat beberapa pertempuran paling sengit antara mesir dan Israel selama perang singkat. Diperkirakan pada saat itu ada sekitar 200.000 orang Arab yang tinggal di lima kamp di luar kota. Banyak yang belum makan selama berhari-hari.

Badan Bantuan dan Pekerjaan Perserikatan Bangsa-Bangsa meminta bantuan untuk membeli tenda, selimut, dan kendaraan dan juga telah meminta pasokan medis.

Dikatakan banyak pengungsi di Yordania adalah tunawisma untuk kedua kalinya - setelah dipaksa untuk melarikan diri dari kamp-kamp di luar Jericho yang telah menjadi rumah mereka sejak perang Arab-Israel 1948.

Pemerintah Inggris berkontribusi terhadap biaya bantuan darurat, seperti banyak negara Arab, termasuk Arab Saudi yang menyumbangkan setengah bulan gaji per tentara di angkatan bersenjatanya.

 

3 dari 3 halaman

Dalam Konteks

Majelis Umum PBB kemudian bertemu lagi pada 19 Juni tetapi diskusi panjang tentang tindakan apa yang akan diambil berlanjut selama sebulan sampai sidang ditunda pada 21 Juli 1967 dan merujuk masalah ini kembali ke Dewan Keamanan.

Dewan, setelah diskusi panjang, pada 22 November dengan suara bulat mengadopsi Resolusi 242, yang menjadi dasar untuk pembuatan kebijakan PBB di masa depan tentang konflik Timur Tengah.

Ini menyatakan "tidak dapat diterimanya akuisisi wilayah oleh perang" dan menyerukan "penarikan angkatan bersenjata Israel dari wilayah yang diduduki dalam konflik baru-baru ini".

Ini juga menyerukan pengakuan kedaulatan dan integritas teritorial setiap negara nasional di daerah itu dan hak mereka untuk hidup dalam damai dalam perbatasan yang aman.

Sementara itu, negara-negara Arab memutuskan untuk mengabaikan seruan Israel untuk perdamaian. Dengan bantuan Soviet, mereka mulai membangun kembali pasukan mereka dan mengadopsi kebijakan 'three nay': tidak untuk perdamaian, tidak untuk pengakuan Israel dan tidak untuk negosiasi.

Wilayah yang diduduki menjadi dasar konsep diplomatik darat-untuk-perdamaian di jantung kesepatan Camp David 1978 dan kesepakatan Oslo 1993.

Pasukan Israel mengusir pemukim Yahudi dari jalur Gaza pada Agustus 2005 dan mulai menghancurkan beberapa pemukiman di Tepi Barat juga.

Mesir dan Yordania adalah satu-satunya negara Arab yang berdamai dengan Israel sejak 1967.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.