Sukses

Gencatan Senjata Telah Dimulai, Israel dan Hamas Saling Klaim Kemenangan

Israel dan kelompok Hamas, keduanya saling mengklaim kemenangan di atas gencatan senjata yang telah dimulai.

Liputan6.com, Jakarta - Gencatan senjata antara Israel dan kelompok militan Palestina, Hamas telah diberlakukan.

Gencatan senjata dimulai pada Jumat (21/5/2021) pagi, mengakhiri pemboman selama 11 hari di mana lebih dari 240 orang tewas, kebanyakan dari mereka di Gaza.

Mengutip BBC, Jumat (21/5), warga Palestina membanjiri jalan-jalan Gaza segera setelah gencatan senjata dimulai. 

Baik Israel dan Hamas telah mengklaim kemenangan dalam konflik tersebut.

Presiden AS Joe Biden mengatakan gencatan senjata membawa "peluang nyata" untuk kemajuan.

Pada hari Kamis, lebih dari 100 serangan udara Israel menargetkan infrastruktur Hamas di utara Gaza. Militan meluncurkan lebih dari 300 roket ke Israel pada siang hari, kata militer Israel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertempuran Dimulai Sejak 10 Mei

Pertempuran telah dimulai di Gaza pada 10 Mei setelah meningkatnya ketegangan Israel-Palestina di Yerusalem Timur yang diduduki yang memuncak dalam bentrokan di situs suci yang dihormati oleh Muslim dan Yahudi. 

Hamas mulai menembakkan roket setelah memperingatkan Israel untuk menarik diri dari situs tersebut, memicu serangan udara balasan.

Setidaknya 232 orang, termasuk lebih dari 100 wanita dan anak-anak, telah tewas di Gaza, menurut kementerian kesehatannya. 

Israel mengatakan setidaknya 150 militan termasuk di antara mereka yang tewas di Gaza. 

Hamas tidak memberikan angka korban jiwa bagi para pejuang.

Di Israel, 12 orang, termasuk dua anak, telah tewas, kata layanan medisnya. Israel mengatakan sekitar 4.000 roket telah ditembakkan ke wilayahnya oleh militan di Gaza.

3 dari 4 halaman

Klaim Hamas dan Palestina

Kabinet Keamanan Politik Israel mengatakan telah "dengan suara bulat menerima rekomendasi" untuk gencatan senjata.

"Para pemimpin politik menekankan bahwa kenyataan di lapangan akan menentukan masa depan kampanye," kata pernyataan itu.

Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz mengatakan di Twitter bahwa serangan Gaza telah menghasilkan "keuntungan militer yang belum pernah terjadi sebelumnya".

Seorang pejabat Hamas mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa gencatan senjata yang diumumkan oleh Israel merupakan "kemenangan" bagi rakyat Palestina dan kekalahan bagi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Segera setelah gencatan senjata dimulai pada pukul 02:00 pada hari Jumat (23:00 GMT Kamis), sejumlah besar warga Palestina turun ke jalan-jalan Gaza dengan mobil dan berjalan kaki untuk merayakannya.

Pengeras suara dari masjid-masjid mengucapkan "kemenangan perlawanan yang dicapai atas Pendudukan selama pertempuran 'Pedang Yerusalem'".

Tetapi Basem Naim, dari Dewan Hamas untuk Hubungan Internasional, mengatakan kepada BBC bahwa dia skeptis tentang apakah gencatan senjata itu akan bertahan.

"Tanpa keadilan bagi Palestina, tanpa menghentikan agresi Israel dan kekejaman Israel terhadap rakyat kami di Yerusalem, gencatan senjata akan terus rapuh," katanya.

Seorang anggota biro politik Hamas, Ezzat al-Reshiq, mengeluarkan peringatan kepada Israel. 

"Benar bahwa pertempuran berakhir hari ini, tetapi Netanyahu dan seluruh dunia harus tahu bahwa tangan kami berada di pemicunya dan kami akan terus meningkatkan kemampuan perlawanan ini," katanya kepada kantor berita Reuters.

"Kami memberi tahu Netanyahu dan pasukannya, jika Anda kembali, kami akan kembali."

4 dari 4 halaman

Infografis Rentetan Konflik Israel-Palestina:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.