Sukses

Evolusi Jaringan Kereta di China, Mulai dari Lambat Hingga Berkecepatan Tinggi

China kini menjadi negara maju pertama yang memiliki jalur kereta api berkecepatan tinggi terbanyak.

Liputan6.com, Beijing - Pada awal abad ke-21, China tidak memiliki jalur kereta api berkecepatan tinggi.

Kereta lambat dan sering kali tidak nyaman berjalan dengan susah payah di seluruh negeri yang luas ini, dengan kecepatan rata-rata yang kadang membuat perjalanan seperti Shanghai-Beijing seperti sebuah ujian.

Hari ini, gambarannya sangat berbeda. Negara terpadat di dunia ini memiliki - pada jarak tertentu - jaringan kereta api berkecepatan tinggi terbesar di dunia.

Tidak kurang dari 37.900 kilometer jalur melintasi negara, menghubungkan semua cluster kota besar, dan semuanya telah selesai sejak 2008.

Mengutip CNN, Kamis (20/5/2021), setengah dari total itu telah diselesaikan dalam lima tahun terakhir saja, dengan 3.700 kilometer lagi akan dibuka dalam beberapa bulan mendatang tahun 2021.

Jaringan tersebut diharapkan akan bertambah dua kali lipat panjangnya, menjadi 70.000 kilometer, pada tahun 2035.

Dengan kecepatan maksimum 350 kpj (217 mph) di banyak jalur, perjalanan antar kota telah berubah dan dominasi maskapai penerbangan telah dipatahkan pada rute-rute tersibuk.

Pada tahun 2020, 75 persen kota di China dengan populasi 500.000 atau lebih memiliki rel berkecepatan tinggi.

Spanyol, yang memiliki jaringan berkecepatan tinggi terluas di Eropa dan menempati posisi kedua dalam tabel liga global, sangat kecil dibandingkan dengan lebih dari 2.000 mil jalur khusus yang dibangun untuk operasi pada kecepatan lebih dari 250 km per jam.

Sebaliknya, Inggris saat ini hanya memiliki 107 kilometer sementara Amerika Serikat hanya memiliki satu rute kereta api yang (hampir) memenuhi syarat untuk status kecepatan tinggi - Koridor Timur Laut Amtrak, di mana kereta Acela saat ini mencapai kecepatan 240 kilometer per jam pada bagian yang dibangun kembali secara mahal. dari jalur yang ada bersama dengan kereta komuter dan barang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Simbol Kekuatan Ekonomi

Ambisi China adalah menjadikan kereta api berkecepatan tinggi sebagai moda pilihan untuk perjalanan domestik jarak jauh, tetapi perkeretaapian baru ini memiliki makna yang jauh lebih besar.

Sama seperti Shinkansen Jepang pada 1960-an, mereka adalah simbol kekuatan ekonomi negara, modernisasi yang pesat, kecakapan teknologi yang tumbuh, dan kemakmuran yang meningkat.

Bagi Partai Komunis China yang berkuasa dan pemimpinnya Xi Jinping, kereta api berkecepatan tinggi juga merupakan alat yang ampuh untuk kohesi sosial, pengaruh politik, dan integrasi wilayah yang berbeda dengan budaya yang berbeda ke dalam arus utama.

"Pembangunan rel kereta baru ini merupakan bagian dari rencana besar Xi Jinping untuk 'mengintegrasikan pasar nasional yang luas'," kata Dr. Olivia Cheung, peneliti di Institut China Sekolah Studi Oriental dan Afrika (SOAS) Universitas London.

"Ini juga dimaksudkan untuk mencerminkan 'filosofi pembangunan baru', di mana 'pembangunan terkoordinasi' adalah konsep kuncinya."

Rencananya hebat karena tidak hanya sekadar menghubungkan kota-kota yang ada, tetapi kota-kota yang ada dengan kota-kota besar baru yang sedang dibangun dari awal. Contoh terkenal di mana Xi sangat bangga adalah Area Baru Xiong'an di Provinsi Hebei, sekitar 60 mil barat daya Beijing."

 

3 dari 3 halaman

China Mengulangi Sejarah Perkeretaapian

Dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa China mengulangi sejarah perkeretaapian; banyak perkeretaapian awal di Amerika Utara, Eropa dan koloni kerajaan Eropa dibangun dengan tujuan yang sama.

Perkembangan jaringan kereta api di Rusia - terutama Kereta Api Trans-Siberia - Prusia, Prancis, Italia, dan Kerajaan Inggris, antara lain sangat dipengaruhi oleh tuntutan politik dan militer serta perkembangan ekonomi.

Namun, apa yang memakan waktu puluhan tahun di abad ke-19 dan awal abad ke-20 dicapai hanya dalam beberapa tahun oleh Tiongkok.

"China telah menciptakan seluruh jaringan rel berkecepatan tinggi dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya - seringkali lebih cepat dan pasti lebih dapat diandalkan daripada penerbangan domestik China," kata pakar perjalanan kereta api Mark Smith, yang lebih dikenal sebagai "The Man in Seat 61."

"Sulit untuk tidak terkesan dengan ukuran beberapa stasiun baru, dan efisiensi sistem yang menggerakkan banyak orang, semua dengan kursi yang dipesan dan semakin tanpa perlu tiket kertas, hanya pemindaian kartu identitas atau paspor di gerbang tiket."

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.