Sukses

Idul Fitri 2021, Dubes Ukraina Perkuat Jaringan Persahabatan Muslim Via Safari Idul Fitri hingga Silaturahmi WNI

Duta Besar RI di Kyiv, Ukraina, Yuddy Chrisnandi melakukan silaturahmi kepada berbagai lapisan masyarakat, juga WNI di Ukraina dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Liputan6.com, Kyiv - Duta Besar RI di Kyiv, Ukraina, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi dan masyarakat muslim Indonesia yang bermukim di Ukraina merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah.

Keistimewaan pertama dalam Lebaran kali ini, menurut KBRI Kyiv, adalah pengaruh iklim setempat.

Lebaran tahun ini jatuh di penghujung musim semi menuju ke musim panas, sebuah rentang waktu peralihan dengan suhu udara yang hangat dan nyaman. Kedua, beberapa hari sebelum Lebaran, pemerintah Ukraina melakukan pelonggaran karantina sehingga umat Muslim dapat beribadah di masjid meski tetap harus mematuhi protokol kesehatan, kata KBRI Kyiv, dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Kamis (14/5/2021).

Dubes Yuddy pun memanfaatkan kesempatan tersebut, dengan melakukan Safari Idul Fitri untuk memperkuat silaturahmi dengan kolega di kalangan komunitas Muslim.

KBRI Kyiv membeberkan, bahwa ada dua masjid besar di Ibu Kota Ukraina, yaitu Masjid Ar-Rahma dan Masjid Ar-Raid.

Pada Hari Raya Idul Fitri kali ini, Dubes Yuddy bersama keluarga dan sebagian masyarakat Indonesia melaksanakan ibadah salat Ied di Masjid Ar-Rahma.

Setelah itu Dubes Yuddy juga menyempatkan diri mengunjungi Masjid Ar-Raid untuk bersilaturahmi dengan pengurus masjid tersebut.

Setelah bersilaturahmi dengan komunitas Muslim Ukraina, Dubes Yuddy dan istri, Ny. Velly Elvira menggelar acara Halalbihalal untuk masyarakat Indonesia di Ukraina.

KBRI Kyiv mengatakan, bahwa acara yang berlangsung di Wisma Duta RI itu dihadiri oleh sekitar 60 anggota masyarakat Indonesia dan keluarga. 

Acara tersebut juga dihadiri oleh youtuber populer Indonesia, Benni Sitanggang, WNI yang bermukim di kota Ternopil, Ukraina. 

Benni Sitanggang pun melakukan perjalanan jauh dari kotanya untuk meliput acara Lebaran di Kyiv.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengobati Rindu dengan Indonesia

KBRI Kyiv menuturkan, bahwa acara halal bihalal ini menjadi kesempatan yang berharga bagi masyarakat Indonesia untuk bertukar sapa melepas rindu, dan saling memaafkan, serta memperkuat tali silaturahmi setelah sebelumnya tidak dapat bepergian karena aturan karantina ketat yang diberlakukan pemerintah setempat.

Selain itu, jamuan makan siang yang dihidangkan khas ala Indonesia, juga menjadi pengobat rindu bagi mereka yang sudah lama tidak menikmati masakan Nusantara, kata KBRI Kyiv.

Setelah menjamu masyarakat Indonesia, Dubes RI Yuddy Chrisnandi juga dijamu oleh Dubes Malaysia, Dato’ Raja Reza Raja Zaib Shah dan istri, dalam memperkuat silaturahmi sebagai sesama muslim dari negara ASEAN.

Tak lama setelah itu, Dubes RI kembali menjamu sejumlah mitra penting, kali ini para anggota Parlemen Ukraina yang menjadi anggota Badan Kerjasama Bilateral Antar Parlemen Ukraina-Indonesia, Artem Kunaiev dan Igor Kopytin.

KBRI Kyiv menjelaskan, rangkaian kegiatan silaturahmi ini merupakan upaya Dubes Yuddy untuk memperkuat jaringan persahabatan sesama Muslim sekaligus untuk memperkuat citra umat Islam Indonesia yang toleran, ramah dan cinta damai.

3 dari 3 halaman

Infografis Awas Lonjakan COVID-19 Libur Lebaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.