Sukses

Terima Saham dari Bill Gates Usai Bercerai, Kini Melinda Gates Juga Jadi Miliarder

Liputan6.com, Jakarta - Melinda Gates telah menerima nilai saham yang tentu tak kecil angkanya usai bercerai dari Bill Gates. Hal ini pun kini membuat Melinda mampu menjadi miliarder atas kekayaannya sendiri. 

Cascade Investment, perusahaan induk yang dibuat Bill Gates yang dibuat dari hasil penjualan saham dan dividen Microsoft telah mengirimkan saham senilai lebih dari USD 1,8 miliar atau sekitar Rp 25,98 triliun (asumsi kurs Rp 14.433 per dolar AS) pada hari yang sama di mana pasangan tersebut mengumumkan perceraian mereka yang mengejutkan. Demikian menurut laporan Forbes, Jumat (7/5/2021).

Hal itu membuat Melinda kini memiliki kekayaan setidaknya USD 2,4 miliar (Rp 34 triliun), sementara transfer saham sedikit mengurangi kekayaan bersih Bill, yang turun menjadi sekitar USD 128,1 miliar, dari USD 130,4 miliar pada hari sebelumnya.

Meski demikian, setelah melakukan transfer sebanyak sepuluh digit, pendiri Microsoft tetap menjadi orang terkaya keempat di dunia. 

2 dari 3 halaman

Melinda Terima Saham dari Bill

Melinda menerima 2,94 juta saham AutoNation dan 14,1 juta saham Canadian National Railway Co., yang masing-masing bernilai USD 309 juta dan USD 1,5 miliar.

Bill juga memberi Melinda 25,8 juta saham Coca-Cola Femsa yang berbasis di Meksiko senilai USD 120 juta dan 155,4 juta saham grup penyiar Meksiko Grupo Televisa SA, yang bernilai USD 386 juta, menurut pengajuan SEC, Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat. 

Bill menggunakan Cascade Investment, perusahaan induk yang berbasis di Kirkland, Washington, untuk mengelola uangnya, termasuk hasil penjualan saham Microsoft.

Bill pernah memiliki bagian yang signifikan dari Microsoft, tetapi telah memberikannya kepada Gates Foundation atau menjual sebagian besar sahamnya selama bertahun-tahun dan sekarang hanya memegang kurang dari 1%.

Bill dan Melinda meminta hakim di negara bagian Washington untuk membagi aset mereka berdasarkan ketentuan kontrak pemisahan, dokumen yang biasanya ditandatangani ketika pasangan hidup terpisah tetapi belum resmu bercerai. Selain itu, Bill mungkin juga telah mengalihkan aset lain ke Melinda dalam transaksi non-publik. 

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: