Sukses

Uni Eropa Bersiap Buka Pariwisata untuk Turis Asing di Tengah Pandemi COVID-19

Uni Eropa tengah bersiap untuk kembali membuka pariwisata pada musim panas ini.

Liputan6.com, Jakarta - Para pemangku jabatan di Uni Eropa telah merekomendasikan pelonggaran pembatasan perjalanan COVID-19 pada bulan depan untuk memungkinkan pelancong asing dari lebih banyak negara memasuki blok itu.

Mereka berharap dapat meningkatkan industri pariwisata yang terkena dampak pandemi COVID-19 selama ini pada musim panas pendatang. Demikian seperti melansir laman Channel News Asia, Selasa (4/5/2021). 

Di bawah aturan pembatasan saat ini, orang-orang hanya dari tujuh negara, termasuk Australia dan Singapura, dapat memasuki UE pada hari libur, terlepas dari apakah mereka telah divaksinasi tetapi tetap harus menjalani tes atau karantina.

Kendati demikian, proposal baru dari Komisi Eropa masih membutuhkan persetujuan oleh 27 negara anggota UE, akan memungkinkan masuknya warga negara asing yang divaksinasi penuh dan mereka yang berasal dari negara-negara dengan "situasi epidemiologis yang baik".

"Saatnya menghidupkan kembali industri pariwisata dan persahabatan lintas batas dengan aman," tulis Presiden Komisi Ursula von der Leyen di Twitter.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jelang Musim Panas Mendatang

Negara-negara anggota UE akan mulai membahas proposal tersebut pada Selasa (4/5) dan para pejabat berharap akan disetujui bulan ini.

Pembatasan perjalanan karena COVID-19 telah menimbulkan kerugian besar pada industri pariwisata di UE, yang terkadang berjuang untuk menyetujui tanggapan bersama terhadap pandemi.

Jika proposal baru disetujui, negara-negara Uni Eropa tertentu diharapkan - tetapi tidak diwajibkan secara hukum - untuk mengikuti pendekatan bersama yang baru. Misalnya, Yunani telah setuju untuk menyambut turis yang divaksinasi dari Israel.

Langkah-langkah lain untuk mendukung pariwisata musim panas ini termasuk pendaftaran Uni Eropa pusat yang memungkinkan perjalanan gratis bagi warga UE yang memegang apa yang disebut "sertifikat hijau" yang membuktikan bahwa mereka telah divaksinasi, memiliki tes COVID-19 negatif atau memiliki kekebalan setelah pulih.

"Sertifikat hijau, untuk pemerintah Luksemburg adalah salah satu elemen yang akan memungkinkan kami untuk kembali ke keadaan normal secepat mungkin," kata Perdana Menteri Xavier Bettel dalam komentar terpisah.

 

3 dari 3 halaman

Rekomendasi Vaksin

Komisi UE merekomendasikan agar orang-orang yang diinokulasi penuh dengan vaksin yang diakui Uni Eropa dapat masuk dari negara mana pun, dan mengatakan vaksin lain dapat ditambahkan jika disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

European Medicines Agency telah mengizinkan penggunaan suntikan oleh Pfizer, Moderna, Johnson & Johnson dan AstraZeneca di UE.

WHO juga telah menyetujui vaksin tersebut untuk digunakan dan diperkirakan akan memutuskan penggunaan dua vaksin China minggu ini. Kedua lembaga sedang mempertimbangkan vaksin Sputnik V. Rusia.

Komisi mengatakan timbal balik harus dipertimbangkan ketika memutuskan untuk mengizinkan perjalanan liburan dari negara ketiga.

Untuk membatasi risiko mengimpor varian virus corona baru, Komisi UE juga mengusulkan "rem darurat" baru yang memungkinkan diberlakukannya pembatasan perjalanan dengan cepat dari negara-negara di mana situasi kesehatan memburuk secara tajam.

Negara-negara UE akan meninjau situasinya setiap dua minggu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.