Sukses

Tahun ke-2 COVID-19 dan Ramadan yang Tak Biasa bagi Keluarga Muslim di Prancis

Keluarga Muslim di Prancis ini jalani Ramadan yang tak biasa pada tahun ke-2 pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Paris - Untuk tahun kedua berturut-turut, Lalla Aicha Moujahid menandai bulan suci Ramadan muslim dalam kondisi COVID-19 — yang berarti berbicara dengan putri-putrinya melalui panggilan video, alih-alih berbuka puasa bersama di ruangan yang sama.

"Yang kami rindukan, yang benar-benar kami rindukan adalah masjid, doa, berbuka puasa dan semua itu," katanya pada Jumat 30 April 2021 petang waktu berbuka lokal, sebagaimana diwartakan Reuters, dikutip dari Metro.us, Minggu (2/5/2021).

"Ini tidak sama."

Bagi Moujahid dan keluarganya, ritme harian Ramadan sama dengan setiap tahun: puasa fajar hingga senja, makanan perayaan "buka puasa" untuk berbuka puasa setelah kegelapan jatuh, sering berdoa.

Namun aspek komunal yang membentuk bagian sentral Ramadan bagi banyak muslim sangat berbeda.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahun ke-2 COVID-19 bagi Mereka yang Berpuasa di Prancis

Di Prancis, rumah bagi populasi Muslim terbesar Uni Eropa, jam malam nasional 19:00.m diberlakukan karena COVID-19 berarti shalat malam di masjid - andalan Ramadan - tidak mungkin.

Sebaliknya, keluarga tinggal di rumah mereka di pinggiran kota Paris, dan membersihkan meja untuk membuat ruang di ruang tamu di mana mereka dapat meletakkan tikar doa.

Sementara itu, "buka puasa" dibatasi untuk keluarga dekat dan teman-teman terdekat. Putri-putri dewasa Moujahid biasanya akan bergabung, tetapi Ramadan ini mereka menandai "buka puasa" di rumah mereka sendiri.

"Ketika tidak ada COVID, kami berbuka puasa bersama seluruh keluarga," kata suaminya, pemilik bisnis Aziz El Moujahid. "Tapi sekarang dengan COVID, kita harus menjaga angka kita tetap rendah."

Ketika dia berdoa, katanya, dia meminta kembali normalitas. "Bahwa Allah memberkati kita, bahwa Allah menerima puasa kita, dan doa-doa kita, dan bahwa penyakit COVID ini pergi," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam).
    Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam).

    Ramadhan

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Prancis