Sukses

Pangeran Philip Dimakamkan di Royal Vault, Makam Mendiang Raja-Ratu Inggris

Liputan6.com, London - Peti jenazah Pangeran Philip Duke of Edinburgh telah dikirim ke Royal Vault, sebuah tempat peristirahatan terakhir raja-ratu dan bangsawan kerajaan Inggris yang terletak di bawah tanah Kapel St George, Kastil Windsor --menandai puncak upacara pemakaman suami pemimpin monarki Inggris Ratu Elizabeth II tersebut.

Upacara pemakaman Pangeran Philip resmi dimulai pada Sabtu 17 April 2021 pukul 15.00 waktu setempat (21.00 WIB).

"Duke of Edinburgh telah dimakamkan di Royal Vault of St George’s Chapel," BBC live report melaporkan, dikutip pada Sabtu (17/4/2021).

Sebelum peti mati diturunkan Pemimpin Gereja Kastil Windsor, Pendeta David Conner berkata: "Pergilah dalam perjalananmu dari dunia ini, hai jiwa Kristiani."

Peti matinya diletakkan di atas lempengan tiang marmer di Quire dan diturunkan ke dalam lemari besi dengan motor listrik.

Sebelum pemakaman, doa-doa dipanjatkan oleh pemimpin keagamaan keuskupan Inggris.

Uskup Agung Canterbury mempersonalisasi doa untuk Pangeran Philip, menambahkan terima kasih atas "iman dan kesetiaannya yang tegas, karena rasa tugas dan integritasnya yang tinggi, untuk kehidupan pengabdian kepada bangsa dan Persemakmuran, dan untuk keberanian dan inspirasi kepemimpinannya".

"Baginya, dengan semua orang yang setia pergi, memberikan kedamaian Anda," kata uskup agung seperti dikutip dari BBC, Sabtu (17/4/2021).

Dalam doa uskup agung berikutnya, ia menawarkan kata-kata penghiburan bagi para pelayat, 30 di antaranya berkumpul di Kapel St George dan banyak lagi menonton di seluruh dunia.

"Tuhan Yang Mahakuasa, Bapa dari semua belas kasihan dan pemberi segala kenyamanan," katanya.

"Dan bermohonlah ampun kepada Allah atas apa yang telah kami lakukan (dan kami akan memohon kepada-Nya) yakni kepada Allah semoga Dia menganut kepada-Nya, wahai orang-orang yang menjaga diri mereka (untuk tetap beriman)."

 

2 dari 3 halaman

Sekilas Royal Vault

Royal Vault adalah ruang pemakaman yang terletak di bawah tanah Kapel St George.

Tempat itu dibangun antara tahun 1804 dan 1810 atas instruksi Raja George III, dan sejak itu, anggota senior keluarga kerajaan telah ditempatkan di lemari besi setelah kepergian mereka.

Secara tradisional di pemakaman kerajaan, peti mati diturunkan ke lemari besi melalui sebuah celah di lantai Kapel St George.

Pangeran Philip akan diletakkan untuk beristirahat bersama beberapa bangsawan terkenal di Windsor hari ini - tetapi ketika waktu yang tepat tiba, tubuhnya akan dipindahkan ke tempat peristirahatan yang lebih permanen, yakni di Kapel Memorial King George VI di mana Ratu Elizabeth II --sang istri-- memilih untuk dimakamkan.

Elizabeth sendiri dilaporkan menolak menjadikan Royal Vault sebagai tempat peristirahatan terakhirnya.

Kapel Memorial King George VI adalah rumah bagi ayah Ratu, Raja George VI, dan saudara perempuan Ratu Putri Margaret.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: