Sukses

Kasus Harian COVID-19 di India Capai Rekor Baru, Angka Kematian Tertinggi dalam 5 Bulan

Liputan6.com, New Delhi - India melaporkan rekor jumlah infeksi baru COVID-19 pada Jumat 9 April 2021 dengan kematian harian juga mencapai yang tertinggi dalam lebih dari lima bulan ketika negara itu berjuang melawan gelombang kedua infeksi dan negara-negara bagian mengeluhkan kekurangan vaksin yang terus-menerus.

Negara terpadat kedua di dunia melaporkan 131.968 infeksi baru dan 780 kematian pada hari Jumat - peningkatan harian terbesar sejak pertengahan Oktober.

Itu membuat beban kasus keseluruhan India menjadi 13,06 juta - tertinggi ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Brasil - dan total kematian dari COVID-19 menjadi 167.642. Jumlah total infeksi di India beringsut mendekati 13,28 juta di Brasil.

Dengan beberapa negara bagian telah memperluas pembatasan untuk mengendalikan penyebaran virus yang cepat, para pekerja migran mulai berkemas ke dalam kereta menuju desa mereka dari kota-kota besar seperti Mumbai, berpotensi mempertaruhkan wabah yang lebih luas di kota-kota kecil.

2 dari 2 halaman

Abai Protokol Kesehatan

 Pemerintah menyalahkan kebangkitan terutama pada kerumunan dan keengganan untuk memakai masker karena bisnis secara bertahap dibuka kembali sejak pertengahan tahun lalu.

"Kita semua tahu bahwa itu karena pendekatan biasa yang sayangnya telah diadopsi oleh masyarakat dan semacam kelalaian di mana-mana dalam mengikuti disiplin perilaku yang sesuai dengan COVID," kata Menteri Kesehatan Harsh Vardhan dalam konferensi pers.

Dia mengatakan pada hari Kamis tidak ada kekurangan suntikan untuk kelompok yang memenuhi syarat untuk vaksinasi, dengan lebih dari 43 juta dosis tersedia atau sedang dalam proses. India telah menginokulasi sekitar 4 juta orang setiap hari.