Sukses

Presiden Jokowi Minta Negara Anggota D-8 Dorong Akses Vaksin COVID-19 yang Adil

Presiden mengajak pimpinan negara D-8 menolak nasionalisme vaksin dan mendukung vaksin multilateral.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Indonesia Joko Widodo meminta agar negara anggota D-8 dapat mendorong akses vaksin COVID-19 yang adil.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam siaran langsung di akun Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis (8/4/2021) malam.

"Presiden Jokowi menyampaian D-8 harus terus dapat mendorong akses adil terhadap vaksin. Ketersediaan dan keterjangkauan vaksin merupakan kunci untuk keluar dari krisis ini," kata Retno Marsudi.

"Presiden mengajak pimpinan negara D-8 menolak nasionalisme vaksin dan mendukung vaksin multilateral."

Menlu Retno juga menyampaikan: "Ditegaskan bapak presiden vaksin COVID-19 adalah barang publik global. Oleh karenanya, dunia perlu bersatu untuk memproduksi dan mendistribusikan vaksin untuk semua."

Dalam KTT D-8 bersama tujuh kepala negara lainnya yang meliputi, Bangladesh (sebagai ketua), Iran, Malaysia, Mesir, Pakistan, Turki dan Nigeria, Jokowi menyebutkan bahwa dunia harus dapat menggandakan kapasitas produksi. Dan ini berarti tidak boleh ada restriksi terhadap produksi dan distribusi vaksin.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Produksi Vaksin Mandiri

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa D-8 dapat berperan dalam menawarkan kapasitas produksi yang dimilikinya untuk meningkatkan produksi, mendorong akses yang sama dan mendorong transfer teknologi.

Beberapa dari negara D-8 termasuk Indonesia saat ini tengah mengembangkan produksi mandiri atau vaksin Merah Putih dalam hal Indonesia.

Untuk itu Jokowi meminta agar negara D-8 harus membuka kerja sama pengembangan dan produksi vaksin ke depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.