Sukses

Perusahaan Jepang Izinkan Karyawan Ambil Cuti Jika Idolanya Pensiun

Liputan6.com, Tokyo - Jepang terkenal dengan banyak hal indah, seperti shinkansen (kereta peluru), bunga sakuranya, dan tentu saja, masakannya yang beragam dan menggiurkan. Sayangnya, negara ini juga dikenal memiliki budaya kerja paling beracun di dunia.

Dilansir dari sea.mashable, dengan banyaknya tempat kerja, termasuk beberapa perusahaan Fortune 500 yang berbasis di Jepang, secara harfiah memperbudak karyawan mereka, ada istilah umum yang sering muncul - karoshi, yang berarti 'mati karena terlalu banyak kerja'.

Ini tidak mengherankan, melihat bahwa beberapa perusahaan membuat tindakan yang memalukan bahkan untuk mengambil satu hari libur.

Memang, negara ini telah berupaya keras untuk meningkatkan budaya kerjanya. Tapi mereka belum sampai di sana.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

Agen Media yang Berbasis di Tokyo Mengubah Keadaan

Yang mengubah keadaan adalah agen media yang berbasis di Tokyo, Hiroro, yang memberi karyawannya cuti berkabung untuk idola favorit mereka yang pensiun.

Menurut Presiden dan Pendiri Hiroro Shizen Tsurumi, pengertian kesehatan mental yang sama dengan kesehatan fisik merupakan elemen penting untuk dipertimbangkan ketika melihat kinerja karyawan.

Jadi dia meluncurkan Sistem Liburan Oshi, yang memungkinkan karyawan mengambil cuti jika mereka sedih karena idola favorit mereka pensiun, menikah, atau apa pun yang dapat membuat penggemar sedih. Dalam fandom idola Jepang, oshi adalah bahasa gaul yang digunakan untuk menyebut idola favorit seseorang.

Tsurumi terinspirasi untuk melakukan ini setelah mengamati beberapa karyawan yang menjadi tidak fokus dan terganggu di tempat kerja karena idola mereka mengumumkan berita yang tidak menyenangkan.

Untuk karyawan ini, Tsurumi memutuskan untuk memberi mereka hari libur untuk mengalihkan pikiran dari berita buruk, atau untuk benar-benar berduka atas kehilangan idola mereka. Akhirnya, menjadi kebijakan resmi perusahaan untuk mengizinkan cuti berbayar semacam ini.

3 dari 4 halaman

Diizinkan untuk Mengambil Cuti Walaupun Bukan Idola Favorit Mereka

Karyawan juga diizinkan untuk mengambil cuti untuk idola yang belum tentu favorit mereka

Misalnya, jika idola nomor satu karyawan mengumumkan pensiun, mereka dapat mengambil cuti hingga 10 hari. Tetapi katakanlah idola yang dimaksud adalah favorit kedua atau ketiga karyawan - dalam hal ini mereka diizinkan libur tiga hari.

Jika idola favorit mutlak seorang karyawan akan menikah, mereka diberi libur hingga 10 hari, dan mereka diizinkan membagi hari menjadi periode waktu pertunangan dan upacara pernikahan.

Tetapi Sistem Liburan Oshi tidak hanya untuk saat-saat kesedihan atau kesedihan. Karyawan juga dapat memanfaatkannya untuk mengambil cuti atau pulang kerja lebih awal untuk menonton pop-up atau 'konser kejutan', yang biasanya diumumkan hanya beberapa jam sebelum acara.

Jika Anda memikirkannya, Sistem Liburan Oshi sangat masuk akal. Lagipula, halaman depan situs resmi Hiroro menyatakan, "Menurutku hal yang paling kuat untuk menggerakkan orang adalah perasaan cinta pada orang dan benda. Saya selalu ingin menjadi orang yang bekerja untuk orang dan hal yang saya sukai."

 

Reporter: Lianna Leticia

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: