Sukses

Hari Perempuan Internasional, WHO Terus Dukung Kesetaraan Gender

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional, Dr Poonam Kehtrapal Singh, seorang Direktur Regional untuk World Health Organization (WHO) untuk Asia Tenggara membuat pernyataan tertulis dengan judul 'Mendaulatkan Perempuan dan Anak Perempuan untuk Masa Depan yang Lebih Setara dan Pemulihan dari Pandemi COVID-19'.

Dr Poonam mengatakan bahwa wanita dari seluruh wilayah Asia Tenggara telah memainkan peran penting dalam penanggulanan COVID-19 dan harus terus diberdayakan untuk membantu membentuk masa depan yang lebih setara den pemulihan dari pandemi.

70% dari kesehatan profesional di Asia Tenggara dan secara global adalah wanita. Walau begitu, mereka tidak menempati proposi yang sesuai di kepemimpinan -- dan itu harus berubah.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

Peran Penting Wanita

Selain itu, Dr Poonam juga mengatakan bahwa WHO akan terus mendukung semua negara di Asia Tenggara untuk menerapkan kepekaan terhadap kesetaraan gender dalam rencana tanggap pandemi yang akan memberdayakan perempuan dan anak perempuan, misalnya dengan menyediakan akses yang adil ke pengujian dan pengotaban untuk COVID-19.

Ia juga mengatakan bahwa organisasi yang dipimpin oleh wanita memiliki peran penting dalam kampanye vaksinasi COVID-19.

Wanita telah menjadi menjadi yang terdepan dalam banyak keberhasilan imunisasi di Asia Tenggara -- dari mencapai dan mempertahankan status bebas polio hingga menghilangkan status 'ibu' dan tetanus neonatal, sebuah penyakit tetanus yang menyarang bayi baru lahir, sebagai masalah kesehatan di masyarakat.

Di Hari Perempuan Nasional, WHO menegaskan kembali komitmen untuk menjunjung tinggi hak perempuan untuk memanfaatkan potensi penuh dari kepemimpinan perempuan di sektor kesehatan dan yang lainnya.

Jika terjadi, Dr Poonam mengatakan bahwa kita akan mendapatkan manfaatnya -- tidak hanya perempuan.

 

Reporter : Paquita Gadin

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini: