Sukses

Presiden Joe Biden: Segenap Jiwa Saya Ada di Sini, Menyatukan Amerika

Liputan6.com, Washington D.C - Presiden Amerika Serikat  telah mengambil sumpah jabatan. Dalam pidato pertamanya setelah pelantikan, Joe Biden menyinggung tentang persatuan.

"Segenap jiwa saya ada di sini," ujar Joe Biden dalam acara pelantikannya di Capitol Hill, Rabu (20/1) waktu setempat.

"Hari ini, di bulan Januari, segenap jiwa saya ada di sini. Menyatukan Amerika, menyatukan rakyat kita, mempersatukan bangsa kita," ujar Biden.

Presiden Joe Biden mengimbau warga Amerika Serikat untuk bersama-sama mengatasi tantangan luar biasa yang kerap dihadapi.

"Untuk mengatasi tantangan ini, untuk memulihkan jiwa dan mengamankan masa depan Amerika membutuhkan lebih dari sekadar kata-kata dan membutuhkan hal yang paling sulit dipahami dalam demokrasi," kata Biden.

"Bersatu untuk melawan musuh yang kita hadapi. Kemarahan, kebencian, ekstremisme, pelanggaran hukum, kekerasan, penyakit, pengangguran dan keputusasaan."

"Dengan persatuan kita bisa melakukan hal-hal besar, hal-hal penting," tambah Joe Biden.

2 dari 3 halaman

Sah Jadi Presiden ke-46 AS

Joe Biden resmi dilantik sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat (AS). Ia menjadi presiden AS tertua dalam sejarah.

Biden disumpah oleh Hakim Mahkamah Agung John Roberts.

"Saya Joseph Robinette Biden Junior bersumpah dengan khidmat bahwa saya akan dengan setia melaksanakan jabatan Presiden Amerika Serikat, dan saya dengan kemampuan terbaik saya akan menjaga, melindungi, dan mempertahankan Konstitusi Amerika Serikat, maka Tuhan bantulah saya," ujar Joe Biden, Rabu (20/1/2021).

Joe Biden mengalahkan Donald Trump di pemilu AS 2020 dengan perolehan 81 juta suara. Biden memenangkan suara populer dan sura elektoral.

Pelantikan Joe Biden dihadiri mantan presiden Barack Obama, Bill Clinton, dan George W. Bush. Namun, tidak dengan Donald Trump. 

Mantan Wakil Presiden Mike Pence turut hadir bersama istri. Tokoh senior Partai Republik, Senator Mitch McConnell, juga datang.

Semua peserta terpantau memakai masker. Pelantikan dibuka oleh Senator Amy Klobuchar.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: