Sukses

Sehari Menjelang Dilantik, Joe Biden Tinggalkan Delaware dengan Haru

Sebelum menuju Washington D.C untuk mempersiapkan pelantikannya, Joe Biden meninggalkan Delaware dengan tangis haru.

Liputan6.com, Jakarta- Sehari menjelang pelantikannya menjadi Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengucapkan selamat tinggal dengan nada penuh emosional sebelum meninggalkan kampung halamannya, Delaware. 

Biden menuju ke Washington D.C untuk pelantikannya, yang akan dilangsungkan pada Rabu (20/1) waktu setempat.

Ia pun tampak menyeka air mata harunya sebelum mengucapkan salam perpisahan itu.

"Ini sangat pribadi dan emosional bahwa perjalanan kita ke Washington dimulai di sini," kata Biden, sambil menyeka salah satu matanya saat berbicara di hadapan puluhan tamu di pangkalan Garda Nasional.

Dalam kesempatan itu, Biden juga menyampaikan perjalanannya menuju pelantikan sebagai presiden untuk putranya, Beau yang meninggal pada tahun 2015.

Ia pun mengungkapkan bahwa dirinya berharap suatu hari bisa melihat anaknya menjadi presiden.

"Saya hanya punya satu penyesalan, bahwa dia (Beau) tidak ada disini. Karena kita seharusnya memperkenalkan dia sebagai presiden," ujar Biden.

"Maafkan saya terlalu emosional. Tetapi ketika saya mati, Delaware akan selalu tertulis di dalam hati saya," lanjutnya, demikian seperti dikutip dari AFP, Rabu (20/1/2021).

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menanti Pelantikan Joe Biden

Diketahui bahwa Biden Biden akan dilantik sebagai presiden ke-46 AS pada Rabu siang (20/1) waktu setempat, menggantikan Donald Trump dari Partai Republik.

Kandidat dari Partai Demokrat tersebut juga akan menjadi presiden tertua yang menjabat di usia ke-78.

Biden pun mengatakan jika kemenangannya mencatat sejarah, termasuk dengan memilih Kamala Harris, sebagai seorang wakil presiden perempuan pertama sekaligus orang keturunan asia dan kulit hitam pertama yang menjadi Wapres AS.

"Jangan bilang kepada saya hal-hal tidak bisa berubah. Mereka bisa, dan memang begitu. Ini Amerika, dan Delaware," sebut Biden.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.