Sukses

Selfie Tanpa Masker COVID-19, Presiden Chile Sebastian Pinera Didenda Rp 49 Juta

Presiden Chile, Sebastian Pinera dijatuhkan hukuman denda sebesar Rp. 49,4 juta karena berfoto dengan seorang warga yang tidak mengenakan masker.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Chile, Sebastian Pinera dijatuhkan hukuman denda sebesar US$3.500 (Rp. 49,4 juta) setelah berfoto atau selfie dengan seorang warga yang tidak mengenakan masker di tengah pandemi Virus Corona COVID-19.

Dilansir US News yang mengutip Reuters, Sabtu (19/12/2020) selama pandemi, otoritas Chile mewajibkan penggunaan masker di seluruh tempat umum. 

Aturan ketat yang diwajibkan oleh otoritas Chile itu akan menindaklanjuti para pelanggarnya dengan hukuman termasuk denda dan bahkan penjara.

Presiden Pinera pun segera meminta maaf dan menyerahkan diri tak lama setelah foto selfie itu muncul di media sosial pada awal Desember 2020.

Ia menjelaskan bahwa dirinya saat itu sedang berjalan sendirian menyusuri pantai dekat kediamannya di Kota Cachagua, ketika seorang wanita yang mengenalinya meminta untuk berfoto bersama.

Dilaporkan bahwa foto selfie itu, menunjukkan Pinera dan wanita tersebut yang tampat berdekatan, dengan keduanya juga tidak mengenakan masker. 

Pada 18 Desember 2020, hukuman denda sebesar US$ 3.500 itu pun dijatuhkan kepada Pinera.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Virus Corona COVID-19 di Chile

Virus Corona COVID-19 telah memuncak di Chile pada Mei dan Juni 2020, sebelum akhirnya mereda pada November. 

Namun baru-baru ini, kasus COVID-19 di Chile kembali meningkat dan mendorong diberlakukannya aturan pembatasan dan karantina baru.

Chili sejauh ini telah melaporkan 581.135 kasus COVID-19 sejak awal munculnya wabah pada Maret 2020, dan 16.051 kematian akibat virus tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.