Sukses

Nilai Hasil Tes COVID-19 Indonesia Tak Akurat, Taiwan Larang Sementara TKI Masuk

Pemerintah Taiwan melakukan penangguhan terhadap TKI yang ingin masuk negaranya. Terkait tes COVID-19 Indonesia yang dinilai tidak akurat.

Liputan6.com, Taipei - Otoritas kesehatan Taiwan melarang masuknya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) hingga batas waktu yang tidak ditentukan, hal itu terkait tes COVID-19. Hasil tes di Indonesia dianggap semakin tidak akurat.

Menteri Kesehatan Taiwan, Chen Shih-chung, mengaku bingung terhadap hasil tes di Indonesia.

"Hasil-hasil tesnya semakin tidak akurat seiring berjalannya waktu," ujar Menkes Chen seperti dilaporkan Focus Taiwan, Rabu (17/12/2020). "Kami tidak tahu apa masalahnya."

Central Epidemic Command Center (CECC) di Taiwan dan perwakilan Taiwan di Indonesia mengaku telah menghubungi otoritas kesehatan Indonesia. Tetapi, permintaan Taiwan untuk meningkatkan kualitas tes tidak mendapat respons mumpuni.

"Mereka (Indonesia) berpikir kinerjanya sudah baik, hal itu tidak kita sepakati," ucap Chen.

Selain itu, Menkes Chen juga menyorot lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia yang bisa mencapai kisaran 6.000 kasus harian. 

Liputan6.com telah menghubungi Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Jakarta terkait kasus tes ini. Kendati demikian belum mendapatkan komentar terkait.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.   

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Negatif di Indonesia, Positif di Luar Negeri

Otoritas kesehatan Taiwan berkata pada Oktober, ada 11 orang Indonesia yang dikonfirmasi positif COVID-19 di Taiwan. Padahal, dua di antaranya dinyatakan negatif di Indonesia.

Berikutnya, ada 42 dari 81 orang Indonesia yang positif COIVD-19 di Taiwan.

Pada dua pekan pertama Desember, ada 32 dari 40 orang Indonesia yang positif COVID-19 di Indonesia. Mereka semua dinyatakan negatif di Indonesia.

Berdasarkan data terkini Kementerian Luar Negeri, ada 130 WNI yang tercatat positif COVID-19 di Taiwan. Sebanyak 106 orang masih dirawat.

3 dari 4 halaman

Update Rabu 16 Desember: Penambahan Kasus Tembus 6.725

Satuan Tugas atau Satgas Penanganan COVID-19 kembali melaporkan data terkini kasus Corona di Indonesia.

Pada hari ini, Rabu 16 Desember 2020, ada penambahan 6.725 orang yang terkonfirmasi positif Corona COVID-19.

Total akumulatifnya hingga saat ini sebanyak 636.154 orang di Indonesia dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona COVID-19.

Pasien sembuh bertambah 5.328 orang pada hari ini. Jadi, total akumulatif ada 521.984 pasien Corona COVID-19 sudah berhasil sembuh dan dinyatakan negatif di Indonesia sampai kini.

Sementara itu, kasus meninggal dunia pada hari ini ada penambahan 137 orang. Sehingga, total akumulatifnya di Indonesia sampai saat ini, ada 19.248 pasien Corona COVID-19 meninggal dunia di Indonesia.

Data update pasien COVID-19 ini tercatat sejak Selasa, 15 Desember 2020 pukul 12.00 WIB hingga hari ini pukul 12.00 WIB.

 

4 dari 4 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.