Sukses

Zayn Malik hingga Mike Tyson, Selebritas hingga Atlet Populer Dunia yang Bangga jadi Muslim

Liputan6.com, Jakarta - Kancah hiburan seperti Hollywood maupun dunia olahraga barat tak sedikit menghasilkan bintang-bintang yang dikagumi banyak orang. Namun, banyak dari penggemar mereka yang tidak tahu bahwa atlet atau selebritas idola mereka ternyata adalah seorang Muslim.

Beberapa di antara mereka mungkin tertutup mengenai identitas kepercayaannya. Namun tidak sedikit dari bintang-bintang tersebut yang secara terbuka mengakui dirinya sebagai seorang Muslim.

Dikutip dari CBS News, Rabu (16/12/2020), berikut ini adalah beberapa akrtis dan atlet yang diketahui sebagai seorang Muslim:

 

2 dari 6 halaman

Zayn Malik hingga DJ Khaled

1. Zayn Malik

Mantan anggota One Direction ini dibesarkan oleh ibunya, yang pindah agama dan ayahnya yang berkewarganegaraan Inggris-Pakistan.

Pada tahun 2018 penyanyi itu mengatakan kepada Vogue bahwa dia tidak lagi menganggap dirinya sebagai pengikut keyakinan Islam. "Dengan ibu dan ayah saya, mereka selalu ada untuk mendidik kami. Saya pergi ke masjid, saya belajar Islam," kata Malik.

"Tapi mereka memberi kami pilihan sehingga Anda bisa memilih sendiri," tambahnya.

 

2. Dr. Mehmet Oz

Dr. Mehmet Oz adalah seorang ahli bedah kardiotoraks di New York-Presbyterian Hospital, serta seorang penulis dan pembawa acara serial TV kesehatan dan kebugaran yang populer, "The Dr. Oz Show". Ia adalah dokter keturunan Turki-Amerika yang juga seorang Muslim.

Dalam sebuah wawancara, Dr. Oz menjelaskan bahwa ayahnya berasal dari Turki dan ibunya adalah seorang Turki sekuler.

"Anda tahu, saya berjuang keras dengan identitas Muslim saya. Saya mendapati diri saya semakin tertarik ke sisi spiritual agama, bukan dari sisi hukum agama," imbuhnya.

 

3. Bella Hadid

Pada 2017 model itu berbaris sebagai protes atas perintah eksekutif Presiden Trump, yang berusaha menghentikan pengungsi dan pengunjung dari tujuh negara yang mayoritas penduduknya Muslim.

Bella kemudian memberi tahu majalah Porter bahwa dia memprotes untuk menghormati warisan dan agamanya.

"Ayah saya adalah seorang pengungsi ketika dia pertama kali datang ke Amerika, jadi sebenarnya sangat dekat dengan rumah untuk saudara perempuan dan laki-laki saya dan saya," kata Hadid.

"Dia selalu religius, dan dia selalu berdoa bersama kami. Saya bangga menjadi seorang Muslim," tambahnya.

 

4. Ramy Youssef

Youssef adalah bintang serial "Ramy". Komedi dalam serial ini didasarkan pada kehidupan Youssef sebagai generasi pertama milenial Muslim Amerika, dan perjuangan yang datang dengan menyeimbangkan identitas tersebut.

"Anda duduk dalam kontradiksi. Itulah ruang yang saya coba navigasikan dan itulah ruang yang saya bawa untuk bekerja," ujarnya.

Penampilan aktingnya di acara itu membuatnya mendapatkan penghargaan Golden Globe pada tahun 2020.

 

5. Hasan Minhaj

Pembawa acara "Patriot Act with Hasan Minhaj" mengatakan bahwa ia mengidentifikasikan dirinya sebagai Muslim tetapi identitasnya juga diinformasikan oleh banyak hal.

"Meskipun saya Muslim, itu tidak berarti saya tidak bisa melakukan yoga, walaupun itu adalah praktik Hindu," ucapnya.

 

6. Riz Ahmed

Ahmed sering berbicara tentang realitas menjadi Muslim di negara-negara barat.

Saat memimpin diskusi selama acara kepemimpinan keberagaman di California, Ahmed yang lahir di Inggris dan telah berakting dalam banyak serial TV, berkata "Saya pada dasarnya di sini untuk meminta bantuan Anda, karena sangat menakutkan menjadi seorang Muslim sekarang, super menakutkan."

"Saya sering bertanya-tanya, apakah ini akan menjadi tahun ketika mereka menangkap kami, apakah ini akan menjadi tahun mereka menerapkan daftar Trump ke dalam tindakan," imbuhnya.

 

7. Shohreh Aghdashloo

Aktris keturunan Iran-Amerika ini lahir dari keluarga Muslim. Dalam wawancara tahun 2013 dengan Los Angeles Times, Aghdashloo berspekulasi bahwa identitas Muslim-nya mungkin membuatnya kehilangan peran film.

Meskipun sutradara George Nolfi menginginkannya untuk peran dalam film thriller 2011 "The Adjustment Bureau",  namun dia dilepaskan.

"Saya katakan saya terlahir sebagai seorang Muslim. Saya tidak memperkenalkan diri saya sebagai seorang wanita Muslim, tapi saya kira perusahaan distribusi menyatukan titik-titik itu dan merasa terlalu dini untuk ini," kata Aghdashloo.

 

8. DJ Khaled

Produser musik pemenang Grammy Award ini bangga menjadi Muslim.

"Ini hidup bagi saya. Saya terlahir sebagai Muslim, keluarga saya membesarkan saya Muslim. Indah serta luar biasa karena telah memberikan banyak berkah bagi saya dan keluarga saya," katanya kepada Esquire pada 2018.

"Iman saya telah membantu menjadikan saya pria seperti sekarang ini, dengan cinta dan rasa hormat yang saya berikan di sana. Saya mencintai siapa pun yang mencintai Tuhan. Itulah tentang diri saya," tambahnya.

 

9. Aasif Mandvi

Bintang film "Evil" ini mengatakan bahwa dirinya tumbuh sebagai seorang Muslim, tetapi ia telah berada di lebih banyak bar daripada masjid dalam hidupnya.

"Saya merasa ada momen dalam sejarah negara ini dan Muslim di Amerika perlu bersuara," imbuhnya.

 

10. Raekwon

Rapper Amerika ini masuk Islam pada 2009. Pria yang terlahir sebagai Corey Woods, ditanya oleh GQ pada 2017 apakah ia mengikuti berita tentang "larangan perjalanan" pemerintahan Trump terhadap pengungsi dan pengunjung dari tujuh negara yang mayoritas penduduknya Muslim.

Lalu ia memberikan jawaban yang menenangkan.

"Allah, Ia akan membiarkan apa adanya, dan kapan pun Ia ingin memperbaikinya, Ia akan memperbaikinya," kata rapper kelompok Wu-Tang Clan itu.

"Saat ini, saya hanya berfokus pada anak-anak saya, karier saya, dan benar-benar membiarkan apa adanya, pada akhirnya itu akan berhasil dengan sendirinya."

 

 

3 dari 6 halaman

Shaquille O'Neal hingga Mike Tyson

11. Mahershala Ali

Ali masuk Islam pada tahun 2000. Selama Screen Actors Guild Awards 2017, bintang "Moonlight" ini memberikan pidato yang penuh semangat tentang pentingnya mencintai satu sama lain meskipun ada perbedaan.

"Ibu saya adalah seorang pendeta yang ditahbiskan, saya seorang Muslim. Dia tidak melakukan penolakan ketika saya meneleponnya untuk memberi tahu dia bahwa saya pindah agama 17 tahun yang lalu," katanya. 

 

12. Irrfan Khan

Aktor India Sahabzade Irrfan Ali Khan, yang juga dikenal sebagai Irrfan Khan, muncul di sejumlah film Hollywood dan Bollywood besar. Khan lahir di Jaipur, India, dan dibesarkan sebagai seorang Muslim.

Pada 2016, Khan mendapat kritik karena angkat bicara tentang praktik kurban Islam, yaitu ritual pengorbanan hewan.

"Arti kurban adalah mengorbankan sesuatu yang dekat dengan Anda, bukan kambing atau domba yang Anda beli untuk dikorbankan. Sebelum berkorban, kita harus berbagi ikatan dengan hal itu, jika tidak hanya membunuh hewan tidak akan memenuhi tujuan," tuturnya.

Khan meninggal pada April 2020.

 

13. Shaquille O'Neal

Shaquille O'Neal adalah seorang pemain NBA yang berkeyakinan Muslim.

Dalam sebuah wawancara di tahun 2010, ia ditanya mengenai siapa yang menurutnya sebagai center terbaik sepanjang masa, Shaq menjawab, "Saudara Muslim lainnya, Hakeem Olajuwon".

Dia kemudian mengkonfirmasi rencananya untuk mengunjungi Turki dan suatu hari nanti akan melakukan ziarah Muslim, yang disebut Haji.

 

14. Muhammad Ali

Juara tinju kelas berat legendaris Muhammad Ali masuk Islam pada 1960-an dan merupakan seorang Muslim yang taat.

"Muslim sejati tahu bahwa kekerasan kejam dalam Islam bertentangan dengan prinsip agama kami. Para pemimpin politik kami harus menggunakan posisi mereka, untuk membawa pemahaman tentang agama Islam dan mengklarifikasi bahwa para pembunuh sesat ini telah memutarbalikkan pandangan orang-orang tentang apa sebenarnya Islam itu," imbuhnya dalam sebuah wawancara.

Ali meninggal pada Juni 2016 pada usia 74 tahun.

 

15. Omar Sharif

Terlahir sebagai Michel Dimitri Chalhoub, aktor pemenang Golden Globe tiga kali ini masuk Islam pada tahun 1955 untuk menikahi aktris Mesir Faten Hamama, yang kemudian dia cerai pada tahun 1974.

Aktor itu meninggal pada Juli 2015.

 

16. Malala Yousafzai

Pada usia 17 tahun, Yousafzai menjadi pemenang Hadiah Nobel termuda. Ia dinobatkan sebagai salah satu dari "100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia" versi majalah Time untuk tahun 2013, 2014 dan 2015 atas karyanya yang memperjuangkan hak pendidikan bagi anak perempuan.

Pada 2015, Yousafzai mengatakan bahwa dirinya percaya menjadi Muslim tidak bertentangan dengan pandangan feminisnya. Islam adalah tentang kesetaraan dan menyebut dirinya feminis tidak akan bertentangan dengan agama.

 

17. Hakeem Olajuwon

Hakeem Abdul Olajuwon ianggap sebagai salah satu center terbaik di NBA. Olajuwon dipilih oleh Houston Rockets sebagai pilihan keseluruhan pertama dari draft NBA 1984, di atas Michael Jordan.

Dia kemudian memimpin Rockets untuk kembali ke Kejuaraan NBA pada tahun 1994 dan 1995, membawa pulang gelar MVP Final NBA pada tahun-tahun tersebut juga.

Menurut NBA.com, Olajuwon masih menjalankan bulan puasa Ramadhan selama musim NBA-nya.

 

18. Dave Chappelle

Dibesarkan oleh seorang pendeta Unitarian Universalis, Chappelle masuk Islam pada tahun 1998. Tujuh tahun kemudian, dia mengatakan kepada Time, "Saya biasanya tidak membicarakan agama di depan umum, karena saya tidak ingin orang mengasosiasikan saya dan kekurangan saya dengan hal indah ini. Saya yakin akan indah jika Anda mempelajarinya dengan cara yang benar."

Namun, tidak diketahui pasti apakah Chappelle saat ini masih memiliki keyakinan yang sama.

 

19. Ice Cube

Artis hip-hop Ice Cube menjadi terkenal di grup rap gangster N.W.A, kemudian menikmati karier solo yang sukses dalam musik dan film Hollywood. Terlahir sebagai O'Shea Jackson, penghibur itu masuk Islam tak lama setelah bersolo karier di tahun 1990-an.

Dalam wawancara dengan The Guardian, dia menjelaskan nuansa identitasnya sebagai seorang Muslim dan menyebut dirinya sebagai seorang Muslim natural.

 

20. Mike Tyson

Sebagai antan juara kelas berat dunia, Mike Tyson ternyata adalah seorang Muslim.

Menurut USA Today, Tyson masuk Islam pada 1990-an. Dia mengatakan telah melakukan berbagai ziarah agama, termasuk satu kali ke kota suci Makkah.

 

21. Kareem Abdul-Jabbar

Center legendaris Lakers dan pencetak gol terbanyak NBA sepanjang masa Kareem Abdul-Jabbar lahir dengan nama Lew Alcindor di New York dan dibesarkan sebagai Katolik Roma. Pada usia 24, dia masuk Islam dan mengubah namanya.

Abdul-Jabbar merinci alasannya untuk pindah agama dalam bagian editorial Al Jazeera.

"Bagian dari masuk Islam saya adalah menerima tanggung jawab untuk mengajar orang lain tentang agama saya, bukan untuk mengubah mereka tetapi untuk hidup berdampingan dengan mereka melalui saling menghormati, mendukung dan perdamaian. Satu dunia tidak harus berarti satu agama," katanya.

 

 

4 dari 6 halaman

Akon hingga Cat Steven

22. Lupe Fiasco

Pada tahun 2017, rapper Lupe Fiasco mengatakan bahwa dirinya adalah seorang Muslim.

"Saya pikir Anda punya banyak orang yang ingin mewakili dan menunjukkan kepada dunia bahwa Islam bukan hanya pria Arab dengan gaun panjang dan jenggot. Saya Muslim dan saya berdiri tepat di samping Anda, Islam datang dalam segala bentuk dan warna," ucapnya.

 

23. Iman Abdulmajid

Supermodel Iman Abdulmajid mengatakan bahwa ia tumbuh sebagai gadis Muslim di Mesir.

"Saya Muslim dan Mesir adalah tempat yang sangat progresif. Gadis-gadis seperti saya bisa bersekolah. Saya benar-benar jatuh cinta dengan orang-orang dan warisan budaya yang melampaui piramida," katanya.

 

24. Jermaine Jackson

Jermaine Jackson dibesarkan sebagai Saksi Yehuwa tetapi kemudian memeluk Islam, setelah melakukan perjalanan ke Bahrain.

"Saya pikir jika dunia Barat benar-benar memandang Islam apa adanya dan berhenti mencoba menempatkan kata teroris ini dengan Muslim dan Islam, dunia bisa menjadi tempat yang jauh lebih baik, karena ini adalah agama paling murni yang pernah ada," imbuhnya.

 

25. Cat Stevens/Yusuf Islam

Yusuf Islam adalah seorang artis musik folk yang sebelumnya dikenal sebagai Cat Stevens, secara terbuka masuk Islam pada tahun 1977. Selama beberapa tahun berikutnya, dia mengubah namanya, melelang semua gitarnya untuk amal dan meninggalkan karir musiknya yang sukses.

"Ada begitu banyak antagonisme di dunia. Banyak Muslim mendatangi saya, menjabat tangan saya dan berkata 'Terima kasih! Terima kasih' Saya mewakili cara mereka ingin dilihat. Begitu banyak jalan tengah yang terlupakan dalam ekstremitas yang kita saksikan di seluruh dunia," ucapnya.

 

26. Busta Rhymes

Artis hip-hop Amerika Busta Rhymes, lahir dengan nama Trevor Tahiem Smith, Jr., ia adalah seorang Muslim yang bangga dan menghubungkan sebagian besar kesuksesannya dengan cara imannya membuatnya tetap kuat.

"Saya mencoba untuk benar-benar memahami setiap aspek tentang yang paling tinggi. Bagi saya, yang paling tinggi adalah Allah dan saya menjalani hidup saya dengan Islam," tuturnya dalam sebuah wawancara.

 

27. Akon

Akon, penyanyi R&B yang terkenal dengan hits seperti "Smack That" dan "I Wanna Love You" adalah seorang Muslim. Nama lengkapnya adalah Aliaume Damala Badara Akon Thiam.

Ia lahir di St. Louis, Missouri. Akon menganggap Senegal sebagai negara asalnya, karena ia menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di sana.

Pada Juni 2015, menjelang pertunjukan di Maroko, ia berbicara dengan surat kabar The National di Abu Dhabi tentang karier dan keyakinannya.

"Saya dilahirkan sebagai seorang Muslim dan selalu ada perdebatan tentang Islam dan musik. Saya tidak pernah melihat aspek pertunjukan musik itu sendiri, tetapi pada niatnya," katanya.

 

28. Q-Tip

Q-Tip yang dikenal sebagai bagian dari grup A Tribe Called Quest, lahir sebagai Jonathan Davis pada tahun 1970. Pada tahun 1990, ia masuk Islam dan mengubah namanya menjadi Kamaal Ibn John Fareed.

"Saya membaca Alquran dan itu menarik bagi saya. Pada saat itu saya agnostik dan itu benar-benar bernafas secara spiritual kembali ke saya," ungkapnya.

 

29. Mos Def/Yasiin Bey

Rapper Mos Def, yang sekarang dipanggil Yasiin Bey adalah seorang rapper Muslim. Ia turut memasukan kata "Bismillah ar-Rahman ar-Raheem" (Dalam nama Tuhan, yang paling pemurah, yang paling penyayang) ke dalam liriknya.

"Anda tidak akan menjalani hidup tanpa menjadi pemuja atau mengabdi pada sesuatu. Cara terbaik untuk menghabiskan hidup Anda adalah dengan mencoba untuk berbakti pada doa, kepada Allah," ucapnya.

 

30. Faran Tahir

Aktor Pakistan-Amerika Faran Tahir, terkenal karena perannya dalam Iron Man, Star Trek dan 24. Ia adalah seorang Muslim dalam kehidupan nyata.

Dalam "Grey's Anatomy", ia berperan sebagai Isaac, seorang teknisi laboratorium Muslim yang mengetahui bahwa ia memiliki tumor yang tidak dapat dioperasi, kemudian menunjukkan kesabaran, keyakinan dan optimisme dalam menghadapi diagnosis tersebut.

 

31. French Montana

Pada tahun 2016, rapper French Montana mengatakan kepada MTV bahwa menjadi Muslim adalah bagian dari alasan dia begitu sukses.

"Agama saya memainkan peran besar dalam kesuksesan saya. Ini hanya tentang melakukan hal positif," imbuhnya.

 

Reporter: Ruben Irwandi

5 dari 6 halaman

Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: