Sukses

Virus Corona Jenis Baru Telah Diidentifikasi Muncul di Inggris

Virus Corona jenis baru berhasil diidentifikasi pertama kalinya di Inggris dan telah menginfeksi 60 otoritas lokal.

Liputan6.com, London - Varian baru Virus Corona COVID-19 telah ditemukan dan diketahui tumbuh lebih cepat di beberapa bagian Inggris.

Mengutip BBC, Selasa (15/12/2020), Menteri Kesehatan Matt Hancock mengatakan setidaknya 60 otoritas lokal yang berbeda telah mencatat infeksi COVID-19 yang disebabkan oleh varian baru tersebut.

Dia mengatakan Organisasi Kesehatan Dunia telah diberitahu dan para ilmuwan Inggris sedang melakukan studi terperinci terkait temuan baru jenis Virus Corona ini.

Namun, ia juga menambahkan bahwa "tidak ada yang menyarankan" bahwa jenis baru itu menyebabkan penyakit yang lebih buruk atau bahwa vaksin tidak lagi berfungsi.

Dia mengatakan kepada anggota parlemen di House of Commons bahwa selama seminggu terakhir, telah terjadi peningkatan tajam dan eksponensial dalam infeksi virus corona di London, Kent, beberapa bagian Essex dan Hertfordshire.

"Saat ini kami telah mengidentifikasi lebih dari 1.000 kasus dengan varian ini terutama di Inggris Selatan meskipun kasus telah diidentifikasi di hampir 60 wilayah otoritas lokal yang berbeda," tambahnya. 

"Kami tidak tahu sejauh mana ini karena varian baru, tetapi apa pun penyebabnya, kami harus mengambil tindakan cepat dan tegas yang sayangnya mutlak penting untuk mengendalikan penyakit mematikan ini saat vaksin diluncurkan," katanya lagi. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Temuan Virus Corona Jenis Baru

Kepala Petugas Medis Inggris Prof Chris Whitty mengatakan tes usap Virus Corona COVID-19 saat ini akan mendeteksi varian baru yang telah ditemukan, terutama di Kent dan daerah sekitarnya dalam beberapa pekan terakhir.

Perubahan atau mutasi melibatkan protein lonjakan virus - bagian yang membantunya menginfeksi sel, dan target vaksin COVID dirancang.

Terlalu dini untuk mengetahui secara pasti apa yang akan dilakukan hal ini terhadap perilaku virus.

Prof Alan McNally, seorang ahli di Universitas Birmingham, mengatakan kepada BBC: "Jangan histeris. Ini tidak berarti penyakit itu lebih menular atau lebih menular atau berbahaya. Itu adalah sesuatu yang harus diperhatikan."

Upaya besar sedang dilakukan untuk mengkarakterisasi varian dan memahami kemunculannya.

"Penting untuk menjaga perspektif yang tenang dan rasional pada strain tersebut karena ini adalah evolusi virus yang normal dan kami mengharapkan varian baru datang dan pergi dan muncul seiring waktu," paparnya lagi. 

Dr Jeremy Farrar, Direktur Wellcome Trust, lembaga riset di Inggris, mengatakan hal itu berpotensi serius. 

"Pengawasan dan penelitian harus dilanjutkan dan kami harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghindari virus," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.