Sukses

Sering Tidur Pakai Bantal? Coba Singkirkan, Lalu Rasakan 5 Manfaat Ini

Liputan6.com, Jakarta - Bantal pertama yang pertama kali ketahui berasal dari zaman Mesopotamia Kuno. Benda itu terbuat dari batu, dan hanya orang kaya yang mampu membelinya.

Tidak seperti bantal batu kuno, bantal yang kita gunakan saat ini lembut dan empuk, dan banyak orang tidak dapat tidur tanpa memeluk bantal besar yang nyaman.

Namun nyatanya, tidur dengan bantal mungkin bukan cara terbaik untuk beristirahat, karena bisa memengaruhi tubuh dan mood Anda.

Dikutip dari Bright Side, Rabu (2/12/2020), rasanya sulit untuk berpisah dengan bantal favorit, tetapi tidur tanpa bantal ternyatamemiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini di antaranya:

 

2 dari 6 halaman

1. Mencegah sakit punggung

Banyak bantal yang dapat menyebabkan posisi tidur yang tidak wajar dan efek penyangga yang diberikannya tidak bertahan lama. Meskipun bantal itu sendiri tidak akan menyebabkan punggung Anda sakit, hal itu dapat memperburuk banyak gejala yang mendasarinya.

Saat Anda tidur tanpa bantal, tulang punggung Anda bisa beristirahat dan tubuh dalam posisi aslinya.

3 dari 6 halaman

2. Mengatasi nyeri leher

Kebanyakan bantal tidak dapat membantu Anda tidur dengan posisi yang benar, dan bahkan dapat memperburuk postur tidur. Menekuk leher dengan cara apa pun dalam waktu lama akan membuat Anda tidak nyaman, dan bantal yang terlalu keras atau terlalu empuk, juga dapat menyebabkan nyeri leher.

4 dari 6 halaman

3. Memerangi sakit kepala

Jika Anda bangun dengan sakit kepala atau pusing, bantal Anda mungkin penyebabnya. Bantal yang terlalu tinggi menyebabkan kepala dan leher Anda menambah ketegangan pada otot leher. Ini mungkin membuat Anda pusing di pagi hari setelah bangun dari tempat tidur.

 

5 dari 6 halaman

4. Mengurangi stres

Jika bantal membuat Anda tidak nyaman di malam hari, Anda mungkin akan bolak-balik saat tidur. Semakin banyak gangguan tidur yang Anda alami, semakin sedikit waktu yang dimiliki tubuh untuk banyak fungsi penting.

Kurang tidur secara terus menerus dapat memengaruhi suasana hati dan kemampuan berpikir Anda, dan akan menyebabkan tubuh melepaskan lebih banyak hormon stres di siang hari.

 

6 dari 6 halaman

5. Mencegah jerawat wajah

Kulit Anda akan berterima kasih karena telah menyingkirkan bantal. Wajah Anda biasanya menempel di bantal hampir sepanjang malam.

Anda mungkin tidak mencuci sarung bantal dalam waktu yang rutin. Dan sarung bantal tersebut mengumpulkan kotoran, minyak, dan debu rumah tangga. Semua ini dapat menyebabkan jerawat, peradangan, dan kerutan dini.