Sukses

Seperti Anies Baswedan, 5 Gubernur di Dunia Ini Juga Positif Virus Corona COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Anies Baswedan dinyatakan positif Virus Corona COVID-19. Gubernur DKI Jakarta itu diketahui positif setelah melakukan tes PCR atau swab yang dilakukan pada Senin 30 November 2020.

Kini, Anies Baswedan telah melakukan isolasi mandiri. Kabar terbaru dari Anies ini menambah daftar panjang sejumlah gubernur di belahan dunia yang terpapar Virus Corona COVID-19.

Media internasional juga memberitakan Anies Baswedan serta wakilnya yaitu Riza Patria yang sebelumnya juga dinyatakan positif Virus Corona COVID-19.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Selasa (1/12/2020), selain Anies Baswedan berikut 5 gubernur di dunia yang terpapar Virus Corona COVID-19:

2 dari 8 halaman

1. Gubernur Pará, Brasil

Gubernur negara bagian Pará, Brasil utara, Helder Barbalho, mengatakan dia positif terpapar Virus Corona COVID-19 pada April 2020.

Lewat Twitter ia sampaikan bahwa ia terpapar virus tersebut. Kabar positifnya ini tidak lama setelah Gubernur negara bagian Rio, Wilson Witzel juga tertular COVID-19, demikian dikutip dari laman BBC.

Mereka meminta orang-orang untuk menghormati pembatasan pergerakan yang diberlakukan oleh negara bagian untuk mengekang penyebaran virus.

Usai pernyataan tersebut, kebijakan penguncian dikritik oleh Presiden Jair Bolsonaro, yang mengatakan wabah itu hanya dibesar-besarkan.

3 dari 8 halaman

2. Gubernur Sao Paulo, Brasil

Sao Paulo adalah negara bagian dengan angka kematian COVID-19 tertinggi di Brasil. Gubernur di wilayah itu yaitu Joao Doria juga terpapar Corona COVID-19.

Dikutip dari laman france24, Doria (62) mengatakan dalam sebuah video yang diposting di Twitter bahwa dia "benar-benar tanpa gejala."

"Saya baru menerima hasil tes keenam saya untuk COVID-19 dan sayangnya hasilnya positif," katanya.

"Saya merasa baik-baik saja. Saya akan pulang dan akan terus mengadakan pertemuan jarak jauh dengan semua sektor pemerintah Sao Paulo," ujarnya pada Agustus 2020.

 

4 dari 8 halaman

3. Gubernur Colorado, Amerika Serikat

Gubernur Colorado Jared Polis pada November 2020, mengumumkan bahwa ia dan rekannya, Marlon Reis dinyatakan positif terkena virus corona COVID-19.

Ia tidak menunjukkan gejala apapun, menurut pernyataan dari kantor gubernur, demikian dikutip dari laman CBS News.

"Saya merasa sehat sejauh ini, dan bersemangat," kata Polis. "Tidak ada orang atau keluarga yang kebal terhadap virus ini. Saya mendorong setiap warga di Colorado untuk berhati-hati, membatasi interaksi publik, memakai masker di depan umum dan mencuci tangan secara teratur."

Polis akan bekerja dari jarak jauh untuk saat ini, menurut pernyataan tersebut.

 

5 dari 8 halaman

4. Gubernur Wyoming, Amerika Serikat

Gubernur Wyoming, Mark Gordon dinyatakan positif virus Corona COVID-19 belum lama ini.

Meski berada dalam masa isolasi, ia tetap bekerja, kata juru bicara Michael Pearlman, demikian dikutip dari laman AP.

Istri Gordon, Jennie Gordon, dinyatakan negatif virus corona dan diisolasi secara terpisah dari gubernur. Dua anggota staf di kantor gubernur dinyatakan positif. Semua kontak dekat dan baru-baru ini dari Gordon dinyatakan negatif, kata Pearlman.

Gordon pertama kali menunjukkan gejala pada 22 November dan segera melakukan tes di rumahnya.

 

6 dari 8 halaman

5. Gubernur Virginia, Amerika Serikat

Gubernur Virginia Ralph Northam dan istrinya dinyatakan positif Corona COVID-19 pada September 2020.

Politisi dari kubu Demokrat ini tidak mengalami gejala, sementara ibu negara Virginia Pamela Northam memiliki "gejala ringan," kata kantor gubernur.

Keduanya diisolasi selama 10 hari dan gubernur tetap bekerja dari rumah. Northams diberitahu bahwa seorang anggota staf yang bekerja di kediaman mereka di rumah gubernur dinyatakan positif.

Gubernur dan ibu negara menerima tes swab PCR pada hari berikutnya dan dinyatakan positif.

7 dari 8 halaman

Infografis Kasus COVID-19 Jakarta Tertinggi se-Indonesia

8 dari 8 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: