Sukses

Otoritas Meksiko Temukan Kuburan Massal Berisi 113 Jasad Misterius

Liputan6.com, El Salto - Otoritas Meksiko telah mengumumkan penemuan sedikitnya 113 jasad dari kuburan massal di negara bagian Jalisco.

Dari semua jasad yang ditemukan, 30 jenazah telah diidentifikasi oleh kerabat. Ada 28 pria dan dua wanita yang telah teridentifikasi, kata pengacara negara bagian Gerardo Octavio Solís pada konferensi pers hari Minggu 22 November lalu.

Dikutip dari CNN, Rabu (25/11/20200, kuburan massal itu terletak di El Salto, tenggara ibu kota negara bagian Guadalajara, di Meksiko tengah.

Seorang juru bicara kantor kejaksaan negara bagian mengatakan bahwa penggalian dimulai pada 1 Oktober dan pekerjaan tersebut masih berlanjut.

Kuburan massal lainnya sedang digali di Ixtlahuacán de los Membrillos, sekitar 30 kilometer (18,6 mil) selatan El Salto melalui jalan darat, di mana 25 jasad lainnya telah ditemukan.

Solís tidak memberikan penjelasan tentang keberadaan kuburan massal tersebut, tetapi negara bagian di Meksiko yakni Jalisco telah mengalami peningkatan kekerasan dalam beberapa tahun terakhir.

2 dari 3 halaman

Diduga Korban Antar-Kartel Narkoba

Menurut Administrasi Penegakan Narkoba AS, pihak yang bertanggung jawab atas kasus ini adalah basis Kartel Generasi Baru Jalisco, salah satu kartel narkoba "paling kuat dan paling cepat berkembang" di Meksiko.

Jalisco juga telah menemukan jenazah dalam jumlah tertinggi selama periode tahun 2006 hingga 30 September 2020, melebihi negara bagian Meksiko mana pun, menurut laporan dari Komisi Pencarian Nasional yang diterbitkan pada bulan Oktober.

Ada 897 jasad digali dari temuan kuburan massal di negara bagian itu selama periode tersebet, dari total 6.900 penduduk di negara bagian itu.

Bulan lalu, sebuah penemuan mengerikan terjadi di negara bagian tetangga Guanajuato, di mana 59 jasad dievakuasi. Kuburan misterius itu ditemukan di Salvatierra, yang mengalami lonjakan tingkat pembunuhan ketika organisasi penyelundup narkoba saingannya berjuang untuk menguasai daerah itu.

Pada Maret 2017, kuburan massal yang berisi lebih dari 250 tengkorak manusia ditemukan di negara bagian Veracruz, Meksiko tengah.

Kuburan massal itu bisa jadi merupakan yang terbesar di Meksiko, ujar jaksa agung negara bagian Jorge Winckler.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: