Sukses

Indonesia-CEPI Teken Kesepakatan Kerja Sama Vaksin COVID-19 Terjangkau

Hari ini, Kementerian Luar Negeri Indonesia melakukan Penandatanganan Perjanjian Kontribusi Bilateral antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Coalition for Epidemic Prepared Innovations (CEPI).

Liputan6.com, Jakarta- Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk menghambat penyebaran Virus Corona COVID-19 yang hingga saat ini telah menyerang ratusan ribu WNI baik di dalam maupun luar negeri.

Sebagai langkah menjalankan komitmen tersebut, pemerintah terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengupayakan penyediaan vaksin COVID-19 yang mudah dijangkau.

Hari ini, Kementerian Luar Negeri Indonesia melakukan Penandatanganan Perjanjian Kontribusi Bilateral antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Coalition for Epidemic Prepared Innovations (CEPI).

"Kasus Corona COVID-19 terus meningkat dengan kecepatan yang lebih cepat dari sebelumnya. Kita membutuhkan tindakan yang kuat untuk mengalahkan virus ini yang tercermin tidak hanya dalam kata-kata dan pernyataan tetapi juga dalam tindakan dan perbuatan," ujar Menlu Retno Marsudi dalam press briefing virtual usai penandatanganan perjanjian pada Selasa (24/11/2020).

"Indonesia memilih untuk melakukan pembicaraan dan berkontribusi sesuai kapasitasnya. Vaksin yang diperoleh dari hubungan multilateralisme akan melindungi warga dunia. Kami memberi contoh. Termasuk melalui penandatanganan Bilateral Perjanjian Kontribusi dengan CEPI hari ini," jelasnya.

Menurut Menlu Retno Marsudi, ada dua alasan mengapa kolaborasi dengan CEPI dinilai penting. Pertama, ini memungkinkan Indonesia memberikan kontribusi konkret untuk vaksin COVID-19 bagi semua orang.

"Kami telah memperjelas posisi kami sejak awal pandemi ini. Semua negara berhak mendapatkan akses yang adil, terjangkau, dan merata," ujar Retno.

"Tanpa itu, negara berkembang akan berada dalam risiko tertinggal. Ini akan memperpanjang pandemi, bukannya mengakhirinya," jelas Menlu Retno.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kolaborasi CEPI - Bio Farma

CEPI telah memilih Bio Farma untuk berpartisipasi dalam produksi global. Ini menunjukkan industri farmasi Indonesia sangat besar dan memiliki potensi.

"Di bawah mekanisme CEPI, industri farmasi kita bisa menjadipemain penting dalam jaringan vaksin global. Ini membawa saya ke poin KEDUA saya. Kolaborasi kita dengan CEPI akanmemperkuat ketahanan kesehatan nasional kita," jelas Menlu Retno Marsudi.

"Ini adalah tujuan strategis jangka panjang kami sebagai anggota CEPI. Kolaborasi dengan CEPI akan memberikan dampak baik industri kesehatan kita."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.